Menginspirasi Masa Depan Bangsa, Peringatan Hari Pahlawan di SD N 26 Pasaman

TOPSUMBAR – Dengan penuh khidmat dan semangat patriotisme, SD N 26 Pasaman menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan pada hari ini, Jum’at 10 November 2023.

Upacara yang dipimpin oleh Rohima,S.Pd.M.Si sebagai pembina upacara, berlangsung dengan lancar dan mengesankan.

Pembina upacara, Rohima, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya memperingati Hari Pahlawan sebagai bentuk penghormatan kita terhadap jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan dan keadilan.

Bacaan Lainnya

Ia juga menekankan peran sekolah dalam membentuk generasi penerus yang cinta tanah air dan memiliki semangat untuk terus belajar dan berkembang.

Upacara dimulai dengan penghormatan kepada bendera Merah Putih yang dikibarkan dengan gagah oleh siswa-siswi SD N 26 Pasaman. Seluruh peserta upacara, baik guru, siswa, dan pegawai sekolah, mengikuti dengan penuh kedisiplinan.

Tema peringatan kali ini, “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan,”.

Semangat pahlawan memberikan kita kesempatan untuk merenung bersama tentang bagaimana kita, sebagai generasi penerus, dapat meneruskan perjuangan mereka dalam membangun masa depan yang cerah.

Kemiskinan dan kebodohan adalah dua tantangan besar yang masih menghadang perkembangan bangsa kita.

Namun, seperti yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan, semangat juang dan tekad yang kuat dapat mengatasi segala rintangan.

Hari Pahlawan bukan hanya tentang mengenang masa lalu, tetapi juga tentang mengambil inspirasi untuk bertindak di masa sekarang.

Tidak hanya itu, dalam amanatnya ini pembina menegaskan “di lingkungan sekolah ini, mari kita bangun semangat kebersamaan dan saling membantu. Marilah kita bersama-sama menentang kemiskinan dengan memberikan dukungan kepada teman-teman kita yang mungkin membutuhkan bantuan. Belajar bersama, tumbuh bersama, dan berbagi ilmu pengetahuan adalah langkah awal kita untuk mengatasi kebodohan”. ungkapnya

Kemeriahan dan keceriaan anak-anak sekolah ini memberikan sentuhan optimisme bagi masa depan bangsa.
Kepala Sekolah SD N 26 Pasaman, Rohima, S.Pd.M.Si, menyampaikan apresiasinya terhadap kerjasama dan dedikasi semua pihak yang telah membuat upacara ini berjalan lancar.

“Melalui momen ini, kami berharap anak-anak dapat mengambil inspirasi dari perjuangan pahlawan untuk mencapai prestasi dan keberhasilan di bidang pendidikan,” ujarnya.

Upacara peringatan Hari Pahlawan di SD N 26 Pasaman tahun 2023 ini tidak hanya menjadi bentuk penghormatan kepada pahlawan, tetapi juga sebagai wadah pembentukan karakter siswa yang cinta tanah air, berprestasi, dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Semoga semangat Hari Pahlawan terus menyala dalam setiap langkah anak-anak bangsa ini untuk masa depan yang lebih baik.

[DYA]

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait