Membangun Agam Bersama, Tantangan dan Harapan Wali Nagari

TOPSUMBAR – Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, memberikan pesan penting kepada para wali nagari untuk bekerja sama secara sinergis guna memajukan pembangunan di daerah tersebut.

“Agam memiliki 92 nagari, kami berharap agar dapat bekerja sama dengan harmonis dalam melaksanakan tugas-tugasnya,” ujar beliau dalam rapat koordinasi para wali nagari se-Agam yang diadakan di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam pada Rabu 8 November 2023.

Dari jumlah tersebut, terdapat 10 nagari yang baru terbentuk, diharapkan semuanya dapat bergerak seiring sejalan dalam mewujudkan kemajuan Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

“Andai sehebat apapun kepala daerahnya, namun tanpa adanya kerja sama yang baik di tingkat nagari, maka pembangunan yang lebih baik akan sulit terwujud,” tegas Andri Warman.

Di samping itu, para wali nagari juga diminta untuk menjalin komunikasi dan koordinasi yang efektif dengan camat di wilayahnya, organisasi perangkat daerah (OPD), dan anggota DPRD.

Andri Warman juga menekankan pentingnya agar pemerintahan di tingkat nagari dapat menyelaraskan kegiatan-kegiatan dengan program-program dari Pemerintah Kabupaten Agam.

Ia juga menambahkan bahwa salah satunya adalah terkait pengembangan rumah tahfiz, sebagai sarana untuk membentuk karakter generasi yang lebih baik.

Selain itu, Andri Warman juga mendorong para wali nagari untuk terus meningkatkan pendidikan mereka, mengingat masih ada di antara mereka yang berpendidikan SMA.

“Kami berharap para wali nagari memiliki setidaknya gelar S1, dan bila memungkinkan, S2 atau S3. Jangan terhalang oleh pertimbangan biaya, yang terpenting adalah niat terlebih dahulu. Masalah biaya nanti dapat kita cari solusinya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait