Kunjungan Ms. Shannon Elizabeth Finnegan, Dukungan untuk Kampung Inggris Kabupaten Agam

TOPSUMBAR – Ms. Shannon Elizabeth Finnegan dari Canada World Youth (CWY) mengunjungi Kabupaten Agam untuk bertukar pandangan dan memberikan dukungan dalam perkembangan program Kampung Inggris di Kabupaten Agam (KIA).

Bupati Agam menerima kunjungan dan audiensi tersebut secara langsung di Mess Pemda Belakang Balok pada hari Sabtu 4 November 2023.

Turut hadir dalam audiensi tersebut Ketua Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI), Dr. H. Shofwan Karim, Tenaga Ahli Mr. Efriyoni MA, Master Coach/Instruktur Kampung Inggris Kabupaten Agam, Mahasiswa Internasional dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, dan sekitar 70 peserta KIA.

Bacaan Lainnya

Bupati Agam menyambut baik kedatangan Ms. Shannon Elizabeth di Kabupaten Agam dan berharap beliau dapat memberikan arahan dan motivasi kepada siswa dan siswi KIA.

Kampung Inggris adalah salah satu program dari Pemerintah Kabupaten Agam yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan pendidikan anak, dengan fokus pada penguasaan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Agam telah menetapkan 6 nagari sebagai “pilot project”, yaitu Nagari Gadut, Nagari Biaro Gadang, Nagari Batu Palano, Nagari Lawang, Nagari Manggopoh, dan Nagari Balingka.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun 2024, Agam akan fokus pada pariwisata, dan tentu saja, Kampung Inggris juga akan menjadi salah satu ikon di Agam dan diharapkan akan terus berkembang.

Setiap nagari yang menjadi penyelenggara Kampung Inggris akan merekrut 30 peserta. Kriteria peserta meliputi laki-laki atau perempuan berusia antara 16 hingga 35 tahun, berbakat dalam penguasaan Bahasa Inggris.

Peserta akan diprioritaskan dari anak-anak nagari atau penduduk nagari di lokasi KIA, yang dapat dibuktikan dengan KTP/KK. Selain itu, prioritas juga akan diberikan kepada anak-anak yatim/piatu, atau dari keluarga kurang mampu.

Saat ini, terdapat 20 pengajar kursus bahasa Inggris di KIA yang merupakan tenaga terlatih yang direkrut secara profesional dan telah menerima pelatihan dari Tim Ahli dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Oleh karena itu, diharapkan bahwa semua siswa dan siswi yang belajar di Kampung Inggris dapat melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi sesuai dengan keinginan mereka.

Di akhir pertemuan, Bupati Agam menyerahkan plakat dan buku hasil karya dari Dr. H. Shofwan Karim kepada Ms. Shannon Elizabeth Finnegan sebagai kenang-kenangan dari pertemuan ini.

Pos terkait