Kota Solok Bersiap Sambut Panen Raya Padi, Kolaborasi OPD dan Kelompok Tani Membuat Perbedaan

TOPSUMBAR – Untuk mengatasi dampak negatif dari fenomena El Nino yang melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pertanian Kota Solok telah melaksanakan Gerakan Tanam (Gertam) Padi di seluruh lahan sawah yang ada di kota Solok.

Gerakan tanam ini dimulai sejak bulan Juni 2023, dengan memaksimalkan pemanfaatan seluruh potensi irigasi dan sarana produksi seperti pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya.

Seiring dengan kata-kata bijak nenek moyang, “Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai”, Gerakan Tanam yang telah berlangsung selama lima bulan terakhir telah menunjukkan hasil yang positif.

Bacaan Lainnya

Menurut rencana, Kota Solok akan menggelar panen raya padi di kawasan Sawah Solok. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan motivasi kepada para petani kota Solok yang tetap semangat dan mampu menjalankan usaha tani, meskipun Indonesia secara keseluruhan juga terdampak El Nino.

Dalam rangka persiapan acara panen raya ini, Dinas Pertanian Kota Solok berkolaborasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretariat Daerah Kota Solok.

Acara ini akan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Wakil Menteri Pertanian, Kepala Badan Pangan Nasional, Gubernur Sumatera Barat, Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumbar, Dinas Pangan Provinsi Sumbar, Forkopimda Provinsi Sumbar, Forkompimda Kota Solok, LKAAM, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, dan seluruh kelompok tani di kota Solok.

Persiapan acara panen raya ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, pada Jumat (3/11). Wali Kota yang telah memimpin selama dua periode ini menyambut baik acara panen tersebut.

“Janganlah kita anggap acara panen ini sebagai beban tambahan. Percayalah, Allah SWT akan membalas setiap kebaikan yang kita lakukan,” kata Wali Kota.

“Waktu ini juga menjadi kesempatan untuk berterima kasih atas respon positif yang diberikan oleh Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Hortikultura Sumbar, yang juga berpartisipasi memberikan bantuan berupa dukungan anggaran yang dapat membantu beberapa kebutuhan acara panen raya ini,” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa kolaborasi antar OPD dan Sekretariat Daerah sangat dibutuhkan dalam menunjang kesuksesan acara panen raya yang berdasarkan rencana akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2023.

Partisipasi kelompok tani juga diharapkan terutama petani di kelompok tani Panca Usaha Tani yang lahannya dipersiapkan sebagai lokasi panen raya.

“Perkembangan pertumbuhan padi akan selalu dipantau, survei dan monitoring akan dilaksanakan setiap hari di sawah calon lokasi untuk mempersiapkan acara panen raya ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli menambahkan.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait