Inovasi Pemilihan Kepala Desa, Diskominfo Siak Kunjungi Kabupaten Agam untuk Belajar e-Voting

TOPSUMBAR – Dalam rangka menerapkan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), Pemerintah Kabupaten Siak melakukan studi tiru keberhasilan Pemerintah Kabupaten Agam dalam mengadopsi aplikasi e-Voting untuk pemilihan kepala desa.

Acara ini berlangsung di Aula DPMN Kabupaten Agam pada Jumat, 24 November 2023.

Sebanyak 10 perwakilan dari Diskominfo Kabupaten Siak disambut oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) serta Diskominfo Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Agam telah menjadi pelopor di Sumatera dalam penyelenggaraan pemilihan wali nagari melalui e-Voting, yang pertama kali diterapkan pada tahun 2017 dalam Pemilihan Wali Nagari (Pilwana).

Sus Susilawati, Kepala Sub Bagian Keuangan Diskominfo Siak, menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk meminta panduan dan tips dari Pemerintah Agam terkait implementasi e-Voting dalam pemilihan kepala desa.

Harapannya, Kabupaten Siak dapat segera mengadopsi e-Voting dengan efektif, mengikuti jejak sukses Kabupaten Agam.

E-Voting menawarkan keunggulan signifikan, seperti efisiensi waktu dan potensi untuk mencegah kecurangan. Syukria, Kepala Bidang E-Government Diskominfo Agam, mengungkapkan bahwa selama Pilwana bulan Juli lalu, Kabupaten Agam menggunakan 53 komputer all-in-one, dengan pelaksanaan Pilwana secara bertahap dalam satu bulan.

Rahmad Lasmono, Kepala Diskominfo Agam, menyatakan bahwa pelaksanaan e-Voting terbukti sangat efektif dan mendapat sambutan antusias dari masyarakat.

Meskipun investasi awalnya cukup besar, biaya pelaksanaannya cenderung lebih terjangkau. Kabupaten Agam juga bersedia memberikan bantuan kepada Kabupaten Siak untuk memastikan keberhasilan implementasi e-Voting dalam pemilihan kepala desa, menunjukkan semangat kerjasama antar-daerah.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait