Dialog Hangat Wali Kota dan Kerapatan Adat Nagari Payakumbuh

TOPSUMBAR – Pj. Wali Kota Payakumbuh, Jasman, dengan ramah menyambut kunjungan Kerapatan Adat Nagari (KAN) 10 Nagari di Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh pada Rabu 22 November 2023 sore.

“Kami telah mengajukan beberapa permasalahan di nagari kepada Pak Wali Kota. Alhamdulillah, beliau merespons dengan baik setiap keluhan yang kami sampaikan dan berjanji untuk menyelesaikannya,” ungkap Dt. Paduko Tuan, yang mewakili KAN 10 Nagari.

Dalam pertemuan tersebut, Dt. Paduko Tuan menjelaskan bahwa salah satu topik yang dibahas adalah pengakuan hanya 8 dari 10 Nagari oleh Provinsi Sumbar.

Bacaan Lainnya

Ia juga menambahkan,”Iya, tadi kami meminta bantuan kepada Pak Wali Kota agar KAN 10 Nagori diakui di Sumbar. Pak Wali juga memberikan pencerahan yang sangat berarti bagi kami,” tambahnya.

Dt. Paduko Tuan mengakui bahwa ini adalah pertama kalinya KAN 10 Nagari diundang ke rumah dinas wali kota, dan ia berharap pertemuan ini menjadi langkah positif untuk memajukan Payakumbuh.

“Kami mengucapkan terima kasih, ini pertama kalinya kami diundang ke rumah dinas wali kota. Kami siap mendukung setiap program yang dilaksanakan Pak Wali,” katanya.

Sebagai perwakilan KAN 10 Nagari, ia juga meminta wali kota untuk memberikan bimbingan teknis dan menjadi narasumber untuk memberikan pembekalan.

Menanggapi hal tersebut, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman menyatakan komitmennya untuk segera menindaklanjuti dan menyelesaikan setiap masalah yang disampaikan oleh KAN.

“Ini akan segera kita selesaikan, agar masalah ini tidak berlarut-larut. Semoga ke depannya tidak akan ada lagi permasalahan seperti ini,” ucapnya.

Untuk menjaga silaturahmi, Pj. Jasman mengusulkan adanya pertemuan bulanan seluruh KAN dengan lokasi yang bergantian setiap bulan.

“Ini untuk menjaga silaturahmi kita. Nanti, di sini juga akan kita bahas berbagai tema terkait masalah adat,” tambahnya.

Jasman juga memberikan informasi bahwa dari pertemuan dengan Kajati Sumbar, Payakumbuh akan dijadikan sebagai pilot projek untuk penerapan restoratif justice.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait