Ajang Reses Ibnu Asis, Sinergi Pembangunan dan Aspirasi Warga Kota Bukittinggi

TOPSUMBAR – Reses masa sidang pertama tahun sidang 2023/2024 benar-benar dimanfaatkan secara optimal oleh anggota Ibnu Asis, anggota DPRD Kota Bukittinggi, sebagai ajang silaturahmi, mendengar aspirasi, hingga menyampaikan laporan pokir tahun anggaran 2023.

Acara tersebut berlangsung pada Kamis 23 November 2023 di halaman kantor Kecamatan MKS dan dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk Buya Marfendi yang juga merupakan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Camat MKS, SKPD teknis, Lurah, LPM se-MKS, serta berbagai tokoh masyarakat, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, dan bundo kanduang, serta ratusan warga masyarakat Kecamatan MKS.

Reses ini diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Camat MKS, dilanjutkan dengan penyampaian Tausiyah oleh Buya Marfendi, yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Dalam Tausiyahnya, Buya Marfendi mengingatkan pentingnya memupuk rasa cinta, kasih sayang, dan persaudaraan di antara seluruh stakeholder untuk membangun Kota Bukittinggi ke arah yang lebih baik dan maju ke depan yang diridhai Allah SWT.

Buya juga menekankan perlunya terjalin kolaborasi, sinergi, dan harmoni antara Pemerintah Daerah, DPRD, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kota Bukittinggi sesuai RPJM, sekaligus mengundang turunnya keberkahan dari Allah Rabbul ‘alamin.

Dalam diskusi dan ramah-tamah, delapan peserta reses mengajukan tanggapan, pertanyaan, hingga aspirasi, baik untuk SKPD maupun anggota DPRD pelaksana kegiatan reses.

Nofi Ferdian meminta pembangunan MCK dan pengadaan ruang khusus untuk pojok baca digital anak, Irwan Sumantri dari Garegeh meminta perbaikan aspal jalan Paninjauan dan komplek perumahan sekitarnya, sedangkan Akmal dari Campago Ipuh mempertanyakan kondisi jalan aspal dari belakang Masjid Baitul Jalal sampai ke STIE Jangkak serta buruknya drainase dari depan Masjid Baitul Jalal sampai ke Rumah Potong yang sudah banyak sedimen sehingga sering banjir pada hari hujan.

Semua tanggapan, pertanyaan, dan aspirasi mendapat respon positif dari SKPD terkait dan Ibnu Asis selaku anggota DPRD Dapil MKS.

Pada sesi penutup reses, Ibnu Asis menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus atas kehadiran, partisipasi, dan aspirasi seluruh peserta reses.

Beliau berharap agar reses kali ini menjadi sarana untuk membangun jembatan hati dan mendekatkan stakeholder serta anggota DPRD dengan masyarakat, sehingga memberikan manfaat positif dan maslahat bersama, serta bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

Selain itu, Ibnu juga menyerahkan langsung pokir bidang pertanian kepada tiga kelompok penerima manfaat. Kelompok Tani Garegeh Saiyo menerima alsintan berupa hand tractor, hand there, dan mesin potong rumput.

Kelompok Tani Aia Manirai Talao juga mendapatkan alsintan serupa dengan Garegeh Saiyo. Sementara Kelompok Wanita Tani Dahlia Puhun Tembok menerima sarana dan prasarana rumah bibit.

Politisi senior fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap bantuan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi kelompok-kelompok tersebut.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait