Vaksinasi Gratis Rabies, Langkah Maju Bukittinggi Menuju Nol Kasus Rabies

TOPSUMBAR – Pada Sabtu, 07 Oktober 2023, ratusan ekor hewan peliharaan di Bukittinggi telah menerima vaksinasi rabies secara gratis di halaman kantor Dinas Pertanian dan Pangan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada 28 September, dengan tema “Semua untuk Satu, One Health untuk Semua.”

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, melalui Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Hendry, menyatakan bahwa inisiatif ini bertujuan untuk mencapai status “Nol Rabies” di kota Bukittinggi.

Bacaan Lainnya

Sejak beberapa bulan lalu, 29 ekor anjing liar telah berhasil ditangkap dan diperiksa, dengan hasil memuaskan karena tidak ada yang teridentifikasi mengidap rabies.

Hendry menambahkan bahwa Dinas Pertanian dan Pangan telah menyiapkan 500 dosis vaksin untuk dibagikan secara gratis pada hari ini.

Jika ternyata masih tersisa, pihaknya berencana untuk melakukan kunjungan ke rumah warga di setiap kelurahan untuk melanjutkan vaksinasi.

Pemko Bukittinggi memberikan imbauan kepada seluruh warga yang memiliki hewan peliharaan, khususnya anjing, kucing, dan kera, untuk tidak membiarkannya berkeliaran di luar pekarangan rumah.

Hal ini merupakan salah satu upaya bersama dalam mengantisipasi penyebaran virus rabies.

(JA)

Pos terkait