Presiden Jokowi Resmikan Bandara Mentawai, Loncatan Baru untuk Wisata dan Ekonomi

TOPSUMBAR – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memulai kunjungan kerjanya di Sumatera Barat dengan mengesahkan pengoperasian Bandar Udara Mentawai (BUM) di Matobe, Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Rabu 25 Oktober 2023.

Beliau berharap peningkatan akses transportasi ke salah satu daerah terluar Indonesia ini akan segera membawa dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah, hari ini kita meresmikan Bandara Mentawai. Bandara ini merupakan salah satu bandara terluar di Indonesia, menggantikan Bandara Rokot Sipora yang sebelumnya beroperasi,” ucap Presiden Jokowi, didampingi oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah; Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Plt Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak; dan Legislator DPR RI asal Sumatera Barat, Andre Rosiade.

Bacaan Lainnya

Presiden menjelaskan bahwa BUM adalah bandara baru dengan landasan pacu sepanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, mampu menampung pesawat jenis ATR dengan kapasitas hingga 78 penumpang.

Sebelumnya, Bandara Rokot di Mentawai hanya memiliki landasan pacu sepanjang 850 meter, dan hanya dapat didarati oleh pesawat jenis Cessna dengan kapasitas 12 penumpang.

“Pesawat ATR kini dapat mendarat di Pulau Mentawai. Oleh karena itu, kami berharap wisatawan, khususnya para penggemar selancar, akan semakin banyak berkunjung ke Pulau Mentawai. Saya juga telah menyampaikan kepada Menteri Perhubungan bahwa tidak hanya pesawat Cessna yang harus datang ke sini, tetapi pesawat ATR juga seharusnya segera beroperasi di Pulau Mentawai. Saya sendiri sudah mencoba naik pesawat ATR, pendaratannya sangat lancar dan tidak ada masalah selama penerbangan,” ujar Presiden.

Dengan beroperasinya BUM, Presiden berharap mobilitas masyarakat akan semakin mudah. Potensi wisata di Kepulauan Mentawai, termasuk wisata selancar, dapat dikembangkan lebih baik.

“Mungkin juga pesawat-pesawat dari luar negeri yang terkait dengan selancar, dapat langsung mendarat di Padang maupun Kepulauan Mentawai. Saya yakin dengan semakin terbukanya akses ke suatu daerah, konektivitas akan semakin baik, masyarakat akan mendapatkan manfaat besar dengan peluang untuk mengembangkan usaha baru. Inilah harapan kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutup Presiden.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada siang Rabu menggunakan Pesawat Kepresidenan untuk menjalani sejumlah agenda kerja di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang.

Kedatangan Presiden disambut oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah; Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy; Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen Mochammad Hasan Hasibuan; Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono; Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl; dan Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi.

(adpsb/isq)

Pos terkait