PJ Wali Kota Payakumbuh, Pancasila Sebagai Motor Penggerak Kemajuan Bangsa

TOPSUMBAR – Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Jasman, memimpin sebagai Inspektur Upacara, sementara Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Armen Faindal, membacakan ikrar di Halaman Balai Kota Payakumbuh pada Senin (02 Oktober 2023).

Upacara ini dihadiri oleh Forkopimda Kota Payakumbuh, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Rida Ananda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Instansi Vertikal, serta undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman menyampaikan bahwa saat ini seluruh negara di dunia menghadapi tantangan besar dari berbagai aspek kehidupan global, termasuk perubahan iklim, krisis pangan, krisis energi, resesi ekonomi, disrupsi teknologi, dan banyak negara masih dalam proses pemulihan dari dampak pandemi.

Bacaan Lainnya

“Seberat dan sebesar apapun tantangan dan rintangannya, jika kita berpedoman dengan ideologi Pancasila sebagai pondasi, mari kita bergandeng tangan dan tetap bersatu menuju Indonesia maju,” kata Pj. Wako Jasman.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari di mana kita memiliki kesempatan istimewa untuk memikirkan bagaimana Pancasila dapat menjadi motor penggerak untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat tersebut menekankan bahwa untuk mewujudkan Pancasila sebagai pendorong tindakan sehari-hari, diperlukan beberapa langkah konkret, termasuk meningkatkan pendidikan tentang Pancasila, aktif dalam kegiatan sosial berbasis nilai-nilai Pancasila seperti kegiatan amal dan program kesejahteraan, serta mendorong program pembangunan ekonomi dan sosial yang fokus pada pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Jasman berharap, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini akan menjadi momentum untuk mengambil tindakan nyata dalam mewujudkan ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’, sesuai tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini.

“Capaian prestasi di berbagai bidang adalah cermin dari semangat Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa untuk mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu membimbing dan meredhai segala upaya dan usaha kita semua, Aamiin,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman juga memberikan penghargaan kepada Camat Payakumbuh Utara, Jhonny Parlin, yang meraih peringkat 1 (satu) Sumatera Barat dalam lomba camat berprestasi.

Penghargaan juga diberikan kepada LPM Kelurahan Tiakar yang meraih peringkat 1 (satu) Sumatera Barat dalam lomba LPM berprestasi, diterima oleh Ketua LPM Tiakar, Sepriyendi. Penghargaan juara 3 (tiga) Sumatera Barat untuk lomba kader posyandu diberikan kepada Eri Syafriani.

(Ton)

Pos terkait