Optimalisasi Produktivitas Pertanian, Pemeriksaan Kinerja Padi dan Jagung di Agam

TOPSUMBAR – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Entry Meeting dengan Pemerintah Kabupaten Agam di Ruang Rapat Kantor Bupati Agam, Lubuk Basung, pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Pertemuan ini dilakukan dalam konteks pemeriksaan kinerja terhadap efektivitas upaya pemerintah Kabupaten Agam dalam meningkatkan produktivitas padi dan jagung.

Tri Estiningsih, selaku Pengendali Teknis Tim Pemeriksa, memberikan surat tugas kepada Bupati Agam untuk melakukan pemeriksaan.

Bacaan Lainnya

Pemeriksaan akan berlangsung selama 25 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 27 Oktober 2023, yang mencakup Tahun Anggaran 2021 hingga 2023 semester I.

Tri Estiningsih menjelaskan bahwa pemeriksaan akan difokuskan pada empat aspek. Pertama, evaluasi upaya pemerintah daerah dalam memfasilitasi prasarana untuk meningkatkan produktivitas padi dan jagung, seperti pembangunan jalan usaha tani dan irigasi.

Kedua, pengawasan sarana pertanian yang mencakup penyediaan benih unggul, pengolahan pupuk organik, dan penyediaan alsintan. Ketiga, peningkatan kapasitas sumber daya manusia bagi petani dan penyuluh dalam meningkatkan produktivitas padi dan jagung.

Keempat, pengendalian lahan pertanian dari alih fungsi lahan serta pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) dalam upaya peningkatan produktivitas padi dan jagung.

Tri Estiningsih menekankan bahwa pemeriksaan akan menggunakan Matrik Desain Pemeriksaan.

Hasil dari pemeriksaan dengan Matrik Desain Pemeriksaan akan menghasilkan rekomendasi terkait peningkatan kinerja dalam optimalisasi produktivitas padi dan jagung.

Oleh karena itu, diharapkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyediakan semua dokumen yang diperlukan agar pemeriksaan dapat berjalan dengan efisien dalam waktu yang singkat.

Bupati Agam, Dr. H Andri Warman MM, mengimbau seluruh OPD untuk mempersiapkan dokumen yang diperlukan sehingga tim pemeriksa dapat bekerja secara maksimal.

Selain itu, Bupati Agam berharap bahwa rekomendasi hasil pemeriksaan akan menjadi panduan untuk meningkatkan produktivitas padi dan jagung di Kabupaten Agam demi kesejahteraan petani Agam.

Pertemuan Entry ini dihadiri oleh Bupati Agam, Dr. H Andri Warman MM, bersama Inspektur Daerah, Welfizar, Kadis PUTR Ofrizon, ST, MT, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan, Rosva Deswira, SPi, MSi, Sekretaris Dinas Pertanian Agam, Armelia, dan OPD terkait lainnya.

Pos terkait