Mengenang Semangat Patriotisme, Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95

TOPSUMBAR – Pj. Wali Kota Pariaman, Roberia dengan bangga membacakan pidato sambutan dari Menteri Pemuda Dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah saat yang sangat berarti, yang mengajak kita semua untuk mengenang dan memahami perjuangan bangsa Indonesia.

Sejarah Kongres Pemuda pada tanggal 27-28 Oktober 1928 adalah awal dari semangat gotong royong pemuda-pemudi dalam membangun bangsa.

Bacaan Lainnya

Tema peringatan kali ini, “Bersama Majukan Indonesia,” mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam semangat pembangunan.

Dalam pidato tersebut, Menteri Ario Bimo menegaskan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda mengajak bangsa Indonesia untuk mengenang semangat patriotisme dan komitmen kebangsaan yang terwujud dalam Sumpah Pemuda 1928. Kita bersatu dalam bertumpah darah di bawah satu bendera, satu bahasa, dan satu bangsa.

Pemerintah Republik Indonesia dengan tegas membuka pintu lebar bagi partisipasi generasi muda dalam mewujudkan masa depan Indonesia bersama-sama.

Kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif, memberikan tempat terhormat bagi pemuda-pemudi dalam proses pembangunan nasional.

Pemuda memiliki peran strategis untuk 30 tahun mendatang, dan untuk itu diperlukan visi, misi, dan kerja sama lintas generasi. Gotong royong lintas sektor adalah strategi yang paling efektif dalam mempercepat pembangunan.

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan untuk mencapai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Dalam momen Hari Sumpah Pemuda ini, mari kita bersama-sama meneguhkan tekad, melibatkan semua pihak, termasuk Kementerian dan Agama, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas, serta elemen-elemen lainnya.

(Zaituni)

Pos terkait