Lomba Cipta Menu B2SA dan Masak Serba Ikan 2023, Mewujudkan Kreativitas dan Kesehatan Pangan di Sekolah Dasar

TOPSUMBAR – Dinas Pertanian dan Pangan menggelar sosialisasi kepada Kepala Seksi Pengembangan Masyarakat Ekonomi (PME) serta Ketua Tim Penggerak PKK di Kelurahan Kota Bukittinggi.

Kegiatan ini dalam rangka persiapan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) serta Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023. Acara ini diadakan pada Selasa, 3 Oktober 2023, di Balai Benih Ikan Hias, Talao.

Lomba yang direncanakan akan berlangsung pada Rabu, 11 Oktober 2023, di Pelataran Jam Gadang, akan diikuti oleh 3 orang Kader PKK dari setiap kelurahan sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA, serta 3 orang Kader PKK yang akan mengikuti Lomba Masak Serba Ikan. Mereka akan didampingi oleh Ketua TPPKK Kelurahan dan Kepala Seksi PME.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Hendry, menjelaskan bahwa tujuan dari lomba ini adalah untuk mendorong kreativitas dan mempromosikan beragam cara pengolahan ikan dan pangan sehat dengan anggaran minimal, khususnya untuk bekal dan makanan ringan tingkat Sekolah Dasar.

Dengan mengusung tema “Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) Pengolahan Pangan Sehat untuk Bekal dan Snack Tingkat Sekolah Dasar dengan Anggaran Minimal,” maka kategori yang akan dilombakan meliputi bekal makan siang dan makanan ringan untuk anak-anak sekolah dasar berusia 7-9 tahun,” ujar Hendry.

Terdapat 3 kategori dalam Lomba Masak Ikan, yaitu Menu Keluarga berbahan baku ikan kembung, Menu Balita, dan Menu Kudapan berbahan “ikan potensi unggulan daerah,” jelasnya.

(JA)

Pos terkait