Himpunan Bersatu Teguh (HBT) Dukung Upaya Penanganan Stunting di Payakumbuh

TOPSUMBAR – Pj. Wali Kota Payakumbuh terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk warga Payakumbuh dari Etnis Tionghoa, yang tergabung dalam organisasi Himpunan Bersatu Teguh (HBT).

ersama Pj. Wali Kota Jasman, mereka menyalurkan bantuan sosial kepada 3 keluarga kurang mampu yang anak-anaknya mengalami stunting di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) dan Kotokociak Kubu Tapakrajo pada hari Senin, 16 Oktober 2023.

Pada awal September sebelumnya, HBT juga telah menyalurkan bantuan untuk anak-anak stunting ini. Saat ini, bantuan yang diberikan berupa asupan gizi untuk bulan kedua.

Bacaan Lainnya

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, Lurah NDB, Lurah Kotokociak Kubu Tapakrajo, Ketua HBT Thomas beserta pengurus, serta Ketua LPM NDB.

Pj. Wali Kota Jasman menyatakan bahwa penanganan stunting yang disebabkan oleh gizi buruk dan ekonomi ekstrem memerlukan langkah-langkah strategis dan komprehensif, mengingat masalah ini telah menjadi isu nasional.

Meskipun anggaran pemerintah daerah terbatas, ini menjadi tantangan tersendiri, dan kepala daerah harus bekerja sama dengan organisasi masyarakat, badan usaha, pengusaha, dan pihak lainnya untuk mencari solusi yang dapat membantu masyarakat yang mengalami stunting dan kesulitan ekonomi.

Jasman mengungkapkan apresiasi kepada HBT atas dukungannya dan berharap bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut. Ia berharap sinergi antara pemerintah dan organisasi masyarakat dapat terus berkembang.

Ia menutup pernyataannya dengan menyatakan bahwa upaya ini adalah bentuk kepedulian bersama kepada sesama dan mencontohkan tindakan baik yang dapat diadopsi untuk mencegah stunting di Payakumbuh.

Ketua HBT Thomas mengatakan bahwa sebagai salah satu fungsi organisasi, mereka selalu siap untuk mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam program pengentasan stunting dan ekonomi ekstrem yang diusulkan oleh Wali Kota Jasman.

Lurah NDB, Firman Hadi, menjelaskan bahwa keluarga penerima bantuan ini berasal dari Kecamatan Payakumbuh Barat dan Payakumbuh Utara, yang saat ini mendapatkan perawatan dari Puskesmas Ibuah dan Puskesmas Tiakar. Ia juga menegaskan bahwa ini adalah bantuan kedua yang diberikan oleh Pj. Wali Kota bersama HBT kepada 3 anak yang mengalami stunting.

(Ton)

Pos terkait