Gubernur Sumbar Sambut Kedatangan Dr. Khalid Muhammad Al Bahjat Ahmad Khatib Al Minangkabawi

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan penuh kehangatan menyambut kedatangan Dr. Khalid Muhammad Al Bahjat Ahmad Khatib Al Minangkabawi di Istana Gubernur Sumbar pada malam Minggu, 22 Oktober 2023.

Dalam suasana yang penuh keakraban, keduanya membahas berbagai peluang kerja sama di sektor pendidikan hingga pariwisata.

Dengan rasa syukur, Gubernur mengungkapkan betapa istimewanya kedatangan tamu terhormat ini, yang juga merupakan keturunan ulama besar dari Mekah namun memiliki akar kuat di tanah Minangkabau.

Bacaan Lainnya

Pertemuan ini memilki makna emosional tersendiri bagi Dr. Khalid Muhammad karena beliau menginjakkan kaki di tanah leluhurnya.

Pertemuan ini tidak hanya sekadar pertemuan antar pihak, tetapi juga sebagai wadah untuk memperluas jangkauan kerja sama antara Pemprov Sumbar dengan Pemerintah Arab Saudi, dengan bantuan para keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Gubernur dengan penuh semangat menyebutkan bahwa Dr. Khalid Muhammad Al Bahjat Ahmad Khatib Al Minangkabawi adalah seorang pengusaha, dan bahwa keturunan-keturunan lain dari Syekh Ahmad Khatib juga tersebar di berbagai negara seperti Malaysia, Pakistan, Turki, Arab Saudi, hingga Mesir.

Kesempatan emas ini membuka pintu luas bagi kerja sama dalam sektor investasi, pendidikan, dan pariwisata.

Dr. Khalid Muhammad dengan antusias menerima potensi kerja sama yang ada, bahkan beliau berencana untuk menjelajahi keindahan Pulau Mandeh di Pesisir Selatan pada tanggal 25 Oktober 2023, untuk memahami lebih dalam potensi pariwisata di sana.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Mahyeldi dan Dr. Khalid Muhammad juga merancang rencana penggunaan nama Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi sebagai penanda di berbagai bangunan atau fasilitas umum di Sumbar.

Langkah ini dianggap sebagai awal yang baik untuk memperkuat sinergi yang tengah direncanakan.

“Kami berharap, para keturunan Syekh Ahmad Khatib yang lain juga akan berkenan menginjakkan kaki di Ranah Minang. Semoga harapan ini dapat menjadi kenyataan, sehingga hubungan Sumbar dengan Timur Tengah semakin erat dan kokoh,” ucap Gubernur dengan penuh keyakinan.

(adpsb/cen)

Pos terkait