Fokus Peningkatkan Kompetensi dan Kepatuhan Regulasi, DPRD Padang Gelar Bimtek Gandeng Universitas Taman Siswa

TOPSUMBAR – DPRD Kota Padang bekerjasama dengan Universitas Taman Siswa melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), telah sukses mengadakan Bimbingan Teknis yang penting.

Acara Bimbingan Teknis yang dihadiri oleh 45 anggota DPRD Kota Padang, pejabat struktural, dan staf pelaksana Sekretariat DPRD Kota Padang, bertujuan untuk mendalami tugas pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 hingga 28 Oktober 2023 dengan tema Optimalisasi Pemahaman Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018.

Dimana membahas tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota, serta Pelaksanaan Peraturan Presiden No. 53 Tahun 2023 terhadap Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Kepatutan, Kewajaran, dan Akuntabilitas.

Hendrizal Azhar, Sekretaris DPRD Kota Padang, menjelaskan bahwa Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk memastikan bahwa pimpinan dan anggota DPRD memahami peraturan-peraturan terbaru yang berkaitan dengan tata tertib, regulasi administrasi, dan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, Bimtek ini juga ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang bagaimana merespons kondisi politik sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Acara ini mencakup beberapa materi, seperti Optimalisasi Pemahaman Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2018, Sosialisasi Peraturan Daerah dan Pemerintah Daerah antara DPRD dengan Pemerintah Daerah (Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 900 Tahun 2023).

Selain itu juga peran anggaran DPRD dalam rancangan Peraturan Daerah tentang APBD yang diajukan oleh Kepala Daerah.

Ada materi terkait Pelaksanaan Peraturan Presiden No. 53 Tahun 2023 terhadap prinsip efisiensi, efektivitas, kepatutan, kewajaran, dan akuntabilitas, serta Peraturan Presiden No. 53 Tahun 2023 tentang satuan harga standar regional.

Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, menyatakan bahwa acara ini memberikan banyak pengetahuan dan informasi baru kepada semua peserta.

Materi-materi disampaikan dengan cara yang menarik dan informatif oleh pembicara yang kompeten, sehingga peserta dapat terlibat sepenuhnya dalam acara ini, mulai dari pembukaan hingga penutupan.

Syafrial Kani menekankan bahwa Bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi anggota legislatif dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka.

Ia berharap agar pembelajaran terus berlanjut melalui berbagai media dan alat pembelajaran untuk tetap sensitif terhadap dinamika perkembangan masyarakat serta perubahan regulasi baik di tingkat regional maupun nasional.

“Terima kasih disampaikan kepada Rektor Universitas Taman Siswa yang diwakili oleh Wakil Rektor dan staf, para pembicara, Sekretaris DPRD, panitia, dan semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan acara Bimbingan Teknis ini,” ungkapnya.

(HT)

Pos terkait