Peresmian Masjid Asy Syura DPRD Sumbar, Simbol Keseimbangan Modern dan Keagamaan

Peresmian Masjid Asy Syura DPRD Sumbar, Simbol Keseimbangan Modern dan Keagamaan

TOPSUMBAR – Masjid Raya Asy Syura DPRD Provinsi Sumatera Barat telah di resmikan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Senin 4 Maret 2024.

Masjid yang terdiri dari tiga lantai ini di bangun dengan anggaran APBD sebesar Rp21 miliar dengan berbagai fasilitas modern, mampu menampung 500-600 jamaah.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy memotong pita peresmian, di dampingi oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi dan Sekwan Raflis.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Wagub menyatakan bahwa fasilitas Masjid Asy Syura ini melebihi yang ada di Gedung DPRD bahkan Kantor Gubernur.

“Luar biasa, Masjid Asy Syura ini fasilitasnya melebihi apa yang ada di kantor DPRD sendiri bahkan Kantor Gubernur pun kalah,” ujar Wagub

Wagub berharap masjid ini menjadi tempat beribadah bagi masyarakat sekitar dan senantiasa memberikan keberkahan bagi

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, menekankan bahwa masjid ini tidak hanya sebagai sarana ibadah, tetapi juga dilengkapi fasilitas untuk berdiskusi, rapat, dan perpustakaan digital.

“Masjid ini di lengkapi fasilitas berdiskusi, rapat, juga perpustakaan. Saat ini baru ada 2 ribu judul buku di pustaka digitalnya, namun ke depan, semoga bisa mencapai 2 juta judul buku nantinya,” ujar Supardi.

Supardi juga mengajak hadirin untuk mengenang kisah para tokoh yang menghasilkan karya besar di masa lampau, seperti Tan Malaka dan Buya Hamka, yang melahirkan ide-ide luar biasa meski dalam keterbatasan.

Sekwan Raflis menjelaskan bahwa pembangunan masjid ini muncul dari keinginan DPRD Sumbar untuk memperkuat keagamaan di lingkungan mereka.

Biaya pembangunan masjid dari anggaran APBD 2021, dikerjakan selama 395 hari, dan menampilkan fasilitas modern dengan sistem otomatis dan hemat energi.

Terdiri dari lantai 1 yang memiliki ruang rapat serba guna, lantai 2 untuk shalat dengan kapasitas 400-an orang, dan lantai 3 untuk 125 orang, masjid ini memiliki kapasitas total sekitar 600-an orang.

Raflis juga menyebutkan adanya kerjasama dengan pustaka nasional untuk perpustakaan masjid.

Pembangunan masjid ini menjadi wujud komitmen DPRD Sumbar dalam memperkuat unsur keagamaan dan memberikan fasilitas modern bagi masyarakat.

Peresmian ini di harapkan memberikan nilai lebih dalam literasi dan kesejahteraan bagi generasi seterusnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait