Ketua DPRD Sumbar, Kreativitas di Tengah Keterbatasan Merupakan Kekuatan

Ketua DPRD Sumbar, Kreativitas di Tengah Keterbatasan Merupakan Kekuatan

TOPSUMBAR – Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Supardi, menekankan bahwa keterbatasan seharusnya tidak menjadi hambatan untuk menghasilkan pemikiran strategis.

Ia menggambarkan bahwa ide-ide besar dapat muncul dalam kondisi terbatas, seperti yang telah ditunjukkan oleh tokoh-tokoh masa lalu, termasuk Buya Hamka, seorang ulama ternama asal Sumbar.

Supardi mengungkapkan pandangannya saat meresmikan Masjid Asy Syura DPRD Sumbar pada Senin, 4 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

Ia memberi contoh bahwa Buya Hamka berhasil menyelesaikan Tafsir Al Azhar dalam kondisi terbatas, yaitu ketika beliau dipenjara.

“Waktu itu beliau dipenjara. Tentunya di penjara tidak ada kipas angin, tidak ada mesin tik, dan sangat minim literasi. Tapi justru dengan dipenjara, Buya Hamka menuntaskan tulisan Tafsir Al Azhar-nya,” ujar Supardi.

Selain itu, Supardi juga menyoroti pemikiran besar Tan Malaka, seorang pemuda Minangkabau yang menghasilkan buku Madilog. Pemikiran Madilog ini, menurutnya, diadaptasi oleh intelektual-intelektual dunia.

“Siapa yang tak kenal dengan buku Madilog-nya Tan Malaka? Seluruh dunia bahkan mengakui. Madilog ini singkatan dari Materi, Dialektik, dan Logika. Pemikiran Tan Malaka diadaptasi oleh intelektual-intelektual dunia. Pemikiran Madilog-nya ini merupakan buah dari kearifan Minangkabau, bahkan dunia mengakuinya,” sambung Supardi.

Supardi mengingatkan bahwa di masa lalu belum ada teknologi seperti komputer, Wi-Fi, dan AC, namun tokoh-tokoh besar itu mampu memberikan sumbangan pikiran yang luar biasa.

Ia mengajak generasi muda untuk mengambil contoh dari Buya Hamka dan Tan Malaka sebagai inspirasi yang dapat membakar semangat dalam segala situasi.

“Terbatas kondisi bukan berarti membuat kita terbatas menjadi produktif. Semangat kreativitas dan ingin maju menjadi kekuatan. Perkaya literasi dengan berbagai cara, sehingga keterbatasan tidak menjadi halangan,” tutupnya.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait