Dinas Sosial Limapuluh Kota Evaluasi Data Kesejahteraan untuk Tekan Angka Kemiskinan

Optimasi Bantuan Sosial, Dinas Sosial Limapuluh Kota Evaluasi Data Kesejahteraan untuk Tekan Angka Kemiskinan
Optimasi Bantuan Sosial, Dinas Sosial Limapuluh Kota Evaluasi Data Kesejahteraan untuk Tekan Angka Kemiskinan

TOPSUMBAR – Dinas Sosial Limapuluh Kota menginisiasi Rapat Evaluasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK), yang diresmikan oleh Asisten Administrasi Umum, A. Zuhdi Perama Putra, mewakili kepala daerah Limapuluh Kota.

Acara tersebut diadakan di aula Dinas Kesehatan, bekas Kantor Bupati, pada hari Senin, tanggal 18 September.

Selain Kepala Dinas Sosial, Indra Suryani, acara ini juga dihadiri oleh Wali Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota, TKSK, serta Koordinator Program PKH tingkat kecamatan dan nagari. Indra Suryani menekankan pentingnya pemutakhiran DTKS mengingat data bersifat dinamis.

Bacaan Lainnya

Data ini menjadi patokan dalam program penanggulangan kemiskinan melalui bantuan sosial. “Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi tentang kriteria fakir miskin di daerah kita dan mengidentifikasi data penerima bantuan sosial serta mendata mereka yang belum mendapat bantuan,” kata Indra.

A. Zuhdi Perama Putra, dalam sambutannya, mengemukakan pentingnya persamaan persepsi dan diskusi lintas sektor dalam mengatasi masalah kemiskinan. Ia berharap rapat ini dapat meningkatkan akurasi dan kualitas DTKS, sehingga bantuan sosial lebih tepat sasaran.

“Diharapkan angka kemiskinan di daerah kita semakin menurun,” ujarnya. Ia juga mengapresiasi Wali Nagari dan tim bantuan sosial yang telah bekerja di lapangan. “Program bantuan sosial harus tepat sasaran. Kita juga perlu mendata ulang masyarakat yang belum terdaftar serta meninjau kembali daftar penerima yang kini telah sejahtera,” tutupnya.

Melalui rapat evaluasi ini, diharapkan data kesejahteraan sosial dapat lebih akurat dan tepat guna, mendorong upaya konstruktif dalam menekan angka kemiskinan di Limapuluh Kota.

(Ton)

Pos terkait