Kota Sawahlunto Tanda Tangani Deklarasi Pemilu Damai

Kota Sawahlunto Tanda Tangani Deklarasi Pemilu Damai
Kota Sawahlunto Tanda Tangani Deklarasi Pemilu Damai

TOPSUMBAR – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sawahlunto, bersama Penyelenggara dan Partai Politik peserta pemilu serta tokoh/organisasi masyarakat kota ini, menandatangani Deklarasi Pemilu Damai yang digelar di Polres Sawahlunto, pada hari Rabu, 13 September 2023.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Hari Subekti menyampaikan, bahwa menggelar deklarasi Pemilu damai tersebut bertujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kambtibmas) yang kondusif, dalam menyambut Pesta Demokrasi Tahun 2024.

“Polri menilai perlu dilaksanakan antisipasi potensi kerawanan jelang tahapan inti Pemilu, sekaligus menunjukkan kedewasaan berpolitik maupun berdemokrasi agar tahapan pemilu terselenggara dengan baik dan sukses. Hal itu yang menjadi prinsip penyelenggaraan deklarasi Pemilu damai ini,” ungkap Purwanto Hari Subekti.

Bacaan Lainnya

Kapolres berharap, dengan digelarnya deklarasi ini juga untuk dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran saat kampanye pemilu berlangsung.

Deri Asta Wako Sawahlunto,mengapresiasi deklarasi Pemilu damai tersebut,yang dinilai berperan besar menciptakan suasana Pemilu yang “elok dan badunsanak” di kota Sawahlunto World Heritage ini.

“Di kota ini, kita memiliki kekayaan, berupa kebersamaan dan keharmonisan dalam keberagaman. Saat nanti kita punya pilihan yang berbeda dalam Pemilu, itu tidak boleh membuat kebersamaan dan keberagaman yang terjalin selama ini menjadi rusak, karena itu deklarasi Pemilu damai ini menjadi permulaan, untuk mengantisipasi hal tersebut,” tutup Deri Asta. (ROL)

Pos terkait