Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi

Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)
Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)

TOPSUMBAR – Provinsi Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang kaya akan keanekaragaman alam dan budaya. Di antara kota dan kabupaten yang ada, terdapat beberapa daerah yang memiliki hutan maupun pantai, menjadikannya tempat yang sepi penduduknya.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2021, provinsi ini memiliki luas wilayah 42.012,89 kilometer persegi dan jumlah penduduk 5.580.232 juta jiwa, namun ada beberapa wilayah yang tergolong wilayah paling sepi di Sumatera Barat.

Berdasarkan sensus penduduk tahun 2021, ibu kota Provinsi Padang memiliki luas wilayah 42.012,89 kilometer persegi dan jumlah penduduk 558,0232 juta jiwa.

Bacaan Lainnya

Terdapat 19 kabupaten di Sumatera Barat, yang paling padat penduduknya adalah Bukittinggi.

Bukittinggi sendiri berpenduduk 121.588 jiwa dan luas wilayah 25,25 kilometer persegi. Hal ini menjadikan kepadatan penduduk di wilayah tersebut menjadi 4.817 jiwa per kilometer persegi.

Namun kepadatan penduduk di provinsi ini tidak terlalu sama, namun beberapa daerah diketahui memiliki populasi yang lebih kecil.

Daerah perkotaan umumnya memiliki sebaran penduduk yang lebih padat dibandingkan kabupaten karena ukurannya yang lebih kecil.

Jumlah penduduk Sumatera Barat cukup besar. Namun, karena distribusi penduduk yang tidak merata, beberapa wilayah merupakan wilayah yang paling padat penduduknya, sementara wilayah lainnya lebih sepi.

Nah, kali ini Topsumbar akan membahas mengenai 8 daerah paling tersepi di Sumatera Barat. Mari kita telusuri dibawah ini.

1. Kabupaten Solok Selatan

Kabupaten Solok Selatan, yang dimekarkan bersama dengan Pasaman Barat dan Dharmasraya, memiliki jumlah penduduk yang paling sedikit dibandingkan dengan dua kabupaten lainnya tersebut. Dengan wilayah yang cukup luas, kabupaten ini hanya memiliki sekitar 184.854 jiwa penduduk. Bahkan, jumlah penduduknya lebih sedikit dibandingkan dengan salah satu kecamatan di Kota Padang.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Solok Selatan adalah kawasan hutan lindung dan suaka alam. Dari total luas wilayah dan jumlah penduduk tersebut, kepadatan penduduknya hanya sekitar 55 jiwa per kilometer persegi. Ini menjadikan Kabupaten Solok Selatan sebagai kabupaten paling sepi nomor dua di Sumatera Barat.

2. Kabupaten Pasaman

Kabupaten Passaman berpenduduk 303.103 jiwa dan luas wilayah 3.947,63 kilometer persegi. Dampaknya, kepadatan penduduk di wilayah tersebut mencapai 76,78 jiwa per kilometer persegi.

Kawasan ini memiliki keindahan alam yang memukau seperti pantai dan pegunungan yang menjadikannya tujuan liburan yang menyenangkan.

Pos terkait