Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi

Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)
Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)

3. Kabupaten Kepulauan Mentawai

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah daerah paling sepi di Provinsi Sumatera Barat. Dengan wilayah yang sangat luas, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit, dengan kepadatan penduduk hanya sekitar 15 jiwa per kilometer persegi.

Lebih dari 90% wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih tertutup hutan, termasuk hutan lindung dan suaka alam. Ini menjadikannya kabupaten paling sepi penduduk sekaligus salah satu daerah yang paling terjaga alamnya di Sumatera Barat.

4. Kota Pariaman

Kota Pariaman, yang juga dikenal dengan sebutan “tadangalangan tabuik mangkonyol rami,” masuk sebagai kota paling sepi penduduk nomor 3 di Sumatera Barat. Meskipun usianya masih muda, kota ini baru berusia 20 tahun sejak dimekarkan dari Kabupaten Padang Pariaman. Menurut data BPS Sumbar, pada tahun 2021, Kota Pariaman hanya memiliki sekitar 95.294 jiwa penduduk, menjadikannya kota dengan jumlah penduduk paling sedikit nomor 4 di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Kota Pariaman memiliki luas wilayah sekitar 73,36 kmĀ² dan merupakan salah satu dari dua kota di Sumatera Barat yang tidak memiliki kawasan hutan lindung dan suaka alam. Kepadatan penduduk di Kota Pariaman adalah sekitar 1.298 jiwa per kilometer persegi, menjadikannya sebagai kota paling sepi penduduk nomor 3 di Sumatera Barat.

5. Kabupaten Dharmasraya

Kabupaten Dharmasraya mempunyai jumlah penduduk yang relatif sedikit yaitu kurang lebih 231.217 jiwa. Meski begitu, kawasan tersebut tidak kalah menariknya dengan wilayah Sumatera Barat lainnya.

Dharmasraya mempunyai potensi wisata yang cukup menarik dan beragam, mulai dari wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata alam.

Pos terkait