Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi

Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)
Daerah Tersepi di Sumatera Barat yang Patut Dijelajahi. (foto: Dok istimewa)

6. Kabupaten Sijunjung

Kabupaten Sijunjung, yang dimekarkan dari Kabupaten Dharmasraya, juga memiliki jumlah penduduk yang cukup sedikit. Menurut data BPS Kabupaten Sijunjung, jumlah penduduknya hanya sekitar 237.313 jiwa untuk wilayah yang cukup luas. Kabupaten ini memiliki pertumbuhan penduduk yang rendah, bahkan lebih rendah dari Kabupaten Dharmasraya.

Total luas wilayah Kabupaten Sijunjung mencapai 3,139.40 km², cukup luas untuk sebuah kabupaten. Namun, kawasan yang digunakan untuk budidaya dan pemukiman hanya sekitar 1.960 km² dari total luas wilayah tersebut. Kepadatan penduduk di Kabupaten Sijunjung sekitar 75 jiwa per kilometer persegi.

7. Kota Sawahlunto

Jumlah penduduk di Kota Sawahlunto pada tahun 2021 hanya sekitar 65.687 jiwa, setara dengan jumlah penduduk satu kecamatan di beberapa kabupaten di Sumatera Barat. Kota Sawahlunto memiliki wilayah terluas kedua di Sumatera Barat dan satu-satunya kota dengan kawasan hutan produksi.

Bacaan Lainnya

Kepadatan penduduk di kota ini sangat rendah, hanya sekitar 240 jiwa per kilometer persegi, yang sangat jarang untuk ukuran sebuah kota. Dalam sepuluh tahun terakhir, kota ini hanya mengalami penambahan penduduk sebanyak tujuh ribu jiwa. Kota Sawahlunto merupakan daerah dengan pertumbuhan penduduk paling rendah di Provinsi Sumatera Barat.

8. Kota Solok

Kota Solok, yang juga dikenal sebagai kota beras, sudah berusia setengah abad lebih. Meskipun luas wilayah perkotaan Kota Solok hampir sama dengan Kota Bukittinggi, adanya hutan lindung dan suaka alam di kota ini membuat total luas wilayahnya mencapai 57,64 km².

Meskipun jumlah penduduknya sedikit, yaitu sekitar 74.469 jiwa pada tahun 2021, pertumbuhan penduduk Kota Solok merupakan yang paling pesat dalam 10 tahun terakhir. Kota ini mencatat pertumbuhan penduduk sebanyak 20% sejak tahun 2012 dari total jumlah penduduk dan luas lahan tersebut. Kepadatan penduduk Kota Solok adalah sekitar 1.290 jiwa per kilometer persegi, menjadikannya sebagai kota paling sepi penduduk nomor 2 di Sumatera Barat.

Dalam 10 tahun terakhir, kota-kota dan kabupaten-kabupaten ini telah menjaga keindahan alam mereka dan tetap menjadi tempat yang menarik bagi mereka yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang alami di Provinsi Sumatera Barat.

Provinsi Sumatera Barat memiliki sejumlah daerah yang masih terjaga alamnya dan sepi penduduk. Keindahan alam dan ketenangan yang ada di daerah-daerah ini menjadikannya tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang alami. Jadi, jika Anda mencari pengalaman yang berbeda di Sumatera Barat, pertimbangkan untuk menjelajahi daerah-daerah tersepi ini. (AA)

Pos terkait