Instagramabel Banget, Mulai dari Pulau Mandeh hingga Pulau Bersejarah Tecantik di Sumatera Barat

Pulau-pilau cantik di Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

7. Pulau Pagang

Pulau ini berlokasi di Kabupaten Pesisir selatan, Pulau Pagang merupakan salah satu wajah baru yang menghiasi dunia wisata Sumatera Barat.

Pulau Pagang dikenal sebagai pulau imut, karena luasnya yang hanya sekitar 10 Ha, dikelilingi oleh pasir putih yang berkilauan. Ketenangan dan kesejukan menjadi point utama bagi orang-orang yang ingin berkunjung ke pulau ini.

Sebagai pulau muda yang cukup menarik perhatian dan minat banyak orang, pulau ini sudah hadir dengan fasilitas yang ramah wisatawan, sehingga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Bacaan Lainnya

8. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan ini secara administrasi terletak di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Sikuai yang berjarak sekitar 200 meter saja.

Dipulau ini masih kaya dengan ikan-ikan yang bergamam, keindahan terumbu karang yang masih terjaga menjadi daya tarik tersendiri dari Pulau ini. Untuk menuju pulau ini dari Pulau Pisang hanya memakan waktu sekitar 40 menit saja dengan menggunakan kapal.

Selain Pulau Pasumpahan, terdapat juga pulau-pulau kecil yang bisa dikunjungi selama berada di Pasumpahan ini. yaitu Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Pandan hingga Pulau Sirandah.

Pulau ini memiliki biota laut yang masih dilindungi, untuk itu bagi kamu yang ingin berkunjung ke pulau ini harus berhati-hati agar tidak menganggu keberadaan biota laut disana ya.

9. Pulau Angso Duo

Masih di Pariaman Sumatera Barat, ada Pulau Angso Duo, untuk menuju ke Pulau ini, seperti biasa kamu bisa menggunakan transportasi laut, dimana jika kamu berangkat dari pesisir pantai dari arah pantai Gondoria, kamu akan menemukan kapal-kapal nelayan yang disewakan untuk menuju ke pulau ini.

Untuk masuk ke Pulau ini kamu harus membayar tiket masuk mulau dari Rp25 ribu hingga Rp40 ribu perorang, agar kamu bisa menikmati keindahan pulau ini.

Tidak sperti Pulau sebelumnya, untuk masuk ke Pulau ini kamu harus mengikuti jadwal yang ada, dan tidak boleh mepet waktu. Yaitu dari jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

10. Pulau Pisang

Pulau ini merupakan salah satu Pulau yang menyajikan keunikan zaman penjajahan, sebab pulau ini sangat dekat dengan Gunung Padang yang kental dengan sejarah Siti Nur Baya. Pulau PisangĀ  merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Padang Selatan, kota Padang, provinsi Sumatra Barat.

Pulau Pisang Gadang (foto: Padang.go.id)
Pulau Pisang Gadang (foto: Padang.go.id)

Dilansir dari situs Padang.go.id, Pulau Pisang ini terdiri dari dua bagian, yaitu Pulau Pisang Gadang dan Pulau Pisang Ketek. Nama ini diberikan memang sesuai dengan luas kedua pulau tersebut dimana Pulau Pisang Gadang berukuran jauh lebih besar dari Pulau Pisang Ketek. Kedua Pulau ini masih termasuk ke dalam wilayah Kota Padang.

Untuk mencapai Pulau Pisang Gadang, maka anda harus menggunakan jasa sewa kapal motor yang bisa dilakukan di daerah Pantai Air Manis, Teluk Bungus, ataupun ddari daerah Muaro Padang dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit. Akan tetapi, untuk bisa ke Pulau Pisang ketek, maka anda cukup berjalan kaki di saat pasang surut dari Pantai Air Manis Padang. Kedua Pulau ini memiliki pesona yang berbeda-beda.

Pulau Pisang Gadang menampilkan pesona yang bisa melepaskan setiap rasa lelah. Pulau ini bisa di jadilkan sebagai tempat bermain di hamparan pasirnya yang putih, tempat untuk outboud, camping, memancing, berenang, dan juga menyelam.

Daya tarik lain dari Pulau Pisang gadang ini adalah tanahnya yang ditumbuhi oleh tanaman Cengkeh dan juga Kelapa. Pulau ini juga merupakan pulau yang dihuni penduduk yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Keindahan alam bawah laut Pulau pisang Gadang ini sangatlah menawan dengan banyaknya terumbu karang pada kedalaman 0,5 s/d 5 meter membuat pulau ini menjadi surga bagi pecinta Snorkling.

Nah dari ke 10 Pulau yang tercantik yang sudah TOPSUMBAR rangkum, Pulau mana yang bakal jadi target holiday mu selanjutnya?

(SR)

Pos terkait