Instagramabel Banget, Mulai dari Pulau Mandeh hingga Pulau Bersejarah Tecantik di Sumatera Barat

Pulau-pilau cantik di Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

3. Pulau Pieh

Pulau Pieh merupakan salah satu Pulau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pulau dengan luas mencapai 39.900 Ha ini memanjakan pengunjung dengan wisata bahari dan keindahan biota laut.

Pada Pulau ini terkenal dengan keindahan terumbu karang, bentuk topografi unik di bawah laut, ikan karang, penyu hingga mangrove. Bukan itu saja, Pulau Pieh terkenal dengan hamparan pasir putihnya berpadu indah dengan air laut yang bersih.

Keunikan lainnya dari Pulau Pieh adalah, aquarium alam. dimana daratan yang berada di tengah pulau yang didominasi oleh lahan rawa ini berhubungan lansung dengan air laut. Ketinggaian air di rawa-rawa ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut yang terjadi.

Bacaan Lainnya

Akses menuju Pulau Pieh terbilang agak sulit. Pasalnya jika kamu ingin pergi ke Pulau Pieh ini harus melewati jalur air dengan menggunakan kapal yang disewa, karena transportasi rutin ke Pulau ini tidak tersedia.

4. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak, atau di dalam bahasa Indonesia Pulau Nangka, berlokasi di daerah lepas pantai Sumatera, berjarak sekitar 38 Km, dari lepas pantai Padang, pulau dengan luas 5.749Km ini berada di ketinggian 0-1000 mdpl.

Kabarnya pada zaman dahulu Pulau Cubadak ini merupakan bekas kawah seluas 40 Km2. Tidak hanya disuguhkan udara yang segar, para pengunjung Pulau ini akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan laut yang menyegarkan.

Pulau Cubadak ini juga dinobatkan sebagai surganya para penyelam loh, sudah tidak diragukan lagi keindahan bawah laut dari pulau ini.

5. Pulau Nyamuk

Bukan terkenal karena banyak nyamuk, Pulau Sinyamuk ini merupakan daratan yang dibagian tengahnya terdapat rawa-rawa yang terhubung dengan air laut. Uniknya apabila air laut mengalami pasang, air di rawa Pulau ini akan ikut naik.

Pulau Nyamuk ini sebenarnya adalah pulau tak berpenghuni yang menjadi tempat persinggahan para nelayan. Kendati demikian ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Pulau ini untuk menjaga keasrian dan keindahan pulau. Diantaranya adalah konservasi penyu dan terumbu karang.

Pulau nyamuk ini memiliki karakterisitik yang sama dengan pulau-pulau lainnya, yaitu pasir putih yang luas dan pemandangan yang indah, juga udara yang segar dan sejuk.

6. Pulau Bando

Pulau Bando merupakan pulau yang berada di Kabupaten Padang Pariaman. Pulau ini merupakan hidden gem di Sumatera Barat, yang mana merupakan pulau yang masih sedikit terjamah oleh manusia.

Sama seperti Pulau Sinyamuk, Pulau Bando ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat peristirahatan dan tempat berlindung dari badai oleh para nelayan. Pulau Bando memiliki kedalaman perairan yang cukup dangkal sehingga aman untuk kegiatan seperti menyelam, memancing dan berenang.

Pulau Bando juga menyuguhkan keindahan bawah laut yang bisa bersaing dengan pulau-pulau lainnya. Akses ke pulau ini bisa ditempuh menggunakan speed boat selama kurang lebih satu
jam. Kegiatan positif yang dapat dilakukan di Pulau Bando adalah ikut serta dalam penanaman terumbu karang.

Pos terkait