6 Masjid Terindah di Sumatera Barat Tahun 2024

6 Masjid Megah di Sumatera Barat Tahun 2024(Dok: Dok. Istimewa)
6 Masjid Megah di Sumatera Barat Tahun 2024(Dok: Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Masjid terindah di Sumatera Barat, selain dikenal dengan kekayaan alamnya yang memukau, juga memiliki beberapa masjid megah yang patut untuk disorot.

Beberapa masjid megah terindah di wilayah ini tidak hanya terkenal dengan keindahan arsitekturnya, tetapi juga memberikan wisata religi yang menarik untuk dikunjungi.

Di antara banyaknya masjid yang tersebar di Sumatera Barat, beberapa di antaranya yang patut untuk disorot antara lain:

Bacaan Lainnya

1. Masjid Jami Hasanuddin Sabbihisma Padang Pariaman

Terletak di Korong Batang sariak, nagari Katapiang, Kabupaten Padang Pariaman, masjid ini merupakan salah satu yang termegah di daerah tersebut. Pada Maret 2023, Gubernur Sumatera Barat secara langsung meresmikan pembangunan masjid ini, yang menghabiskan biaya sekitar Rp55 miliar dengan luas lahan mencapai 2,8 hektar.

2. Masjid Raya Bayur Maninjau

Berada di Negari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masjid ini menjadi salah satu penanda sejarah di Sumatera Barat.

Dibangun sekitar tahun 1905, masjid ini tetap menarik wisatawan dengan arsitektur uniknya yang menggabungkan elemen pagoda Thailand dan atap gonjong Minangkabau.

Baca lainnya: Megah Seperti Kastil Kerajaan! Ini 5 Masjid di Sumatera Barat yang Terindah dan Populer dengan Arsitektur Unik hingga Viral di Media Sosial

3. Islamic Center Padang Panjang

Masjid ini menjadi ikon baru di Padang Panjang setelah Ketua MPR RI meresmikannya pada tahun 2018. Dengan biaya sekitar Rp70 miliar, masjid ini dibangun dengan empat menara tinggi yang menjulang dan berlapis tembaga, menjadikannya landmark penting di wilayah Sumatera Barat.

Pada bagian dalam masjid juga terdapat ornamen yang juga berlapiskan tembaga.

Pos terkait