Instagramabel Banget, Mulai dari Pulau Mandeh hingga Pulau Bersejarah Tecantik di Sumatera Barat

Pulau-pilau cantik di Sumatera Barat (foto: Topsumbar.co.id)

TOPSUMBAR – Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan ibu kota Padang yang sebelah utaranya berbatas dengan Provinsi Sumatera Utara. Sebelah Selatan berbatas dengan Provinsi Bengkulu, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Riau dan Jambi, sedangkan sebelah barat Berbatas dengan Samudera Hindia.

Sumatera Barat merupakan provinsi yang memiliki sejuta tempat wisata yang tak kalah indahnya dengan mancanegara, mulai dari Pulau Ibu sampai pulau yang diselimuti pasir putih.

Topsumbar sudah merangkum sepuluh pulau terindah di Sumatera Barat yang cocok banget untuk menambahkan koleksi foto di Instagram kamu, Dilansir dari Switour.com, Jum’at 18 Agustus 2023, inilah daftar pulau terindah di Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

1. Pulau Mandeh

Mandeh merupakan bahasa Minang, yang apabila di artikan ke bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai ibu, atau mama dan sejenisnya. Hal ini bukan tanpa alasan. Pulau Mandeh dianggap sebagai induk kepulauan oleh masyarakat setempat, karena pulau ini dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Selain itu, Pulau Mandeh dikenal sebagai Raja Ampatnya Sumatera Barat, karena keindahannya dan juga pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya, yaitu Pulau Setan, Pulau
Traju, Pulau Cubadak, Pulau Sirojong Besar dan Pulau Sirojong Kecil. Selain itu ada juga Pulau Pagang , Pulau Marak, Pulau Ular, hingga Pulau Bitangor.

Pulau Setan merupakan pulau langganan para pengunjung, dimana tidak se seram namanya, penampakan pulau yang memiliki nama asli Pulau Sutan ini sangatlah indah dan menawan dipandang mata.

Selain itu di Pulau Mandeh, kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling, terjun payung, menyelam, berenang dan memancing bersama keluarga. Pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang biru membuat hati menjadi lebih tenang.

Sejak dijadikan objek wisata pada tahun 2000 an, pulau ini diserbu oleh para wisatawan, perlahan dimulailah pembangunan jalan menuju ke Pesisir Selatan dan terus berkembang hingga saat ini. Pulau Mandeh ini terletak di Teluk Carocok Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

2. Pulau Pandan

Pulau Pandan merupakan pulau tak berpenghuni yang masih asri, dimana di Pulau ini masih banyak ditemukan vegetasi alami hutan. Kegiatan yang umumnya dilakukan oleh pengunjung Pulau Pandan ini adalah tracking sambil menikmati keindahan alam dan kesegaran udara yang belum terkontaminasi oleh debu dan kotoran.

Uniknya di Pulau Pandan ini dulunya merupakan sebuah benteng pertahanan, dan juga kamu bisa menemukan meriam kuno peninggalan penjajahan Belanda yang masih terawat hingga saat ini.

Bagi kamu yang mempunyai jiwa petualangan yang tinggi, Pulau Pandan ini cocok untuk kamu kunjungi. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa mempelajari sendiri sejarah Pulau Pandan ini, menarik ya?

Setelah penat dengan petualanganmu, kesejukan dan keindahan alam akan menghapus penatmu seketika, pasalnya pulau ini merupakan tempat Penyu menyimpan telur-telurnya. Setiap minggu ada 500 hingga 1000 butir telur penyu yang ditinggalkan induknya di Pulau ini.

Tertarik dengan pulau ini, Pulau Pandan ini berjarak 22,5 Km dari Muaro Padang, kamu dapat berkunjung ke Pulau ini dengan menggunakan transportasi air yang
memakan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Pos terkait