HUT RI ke-78, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Penyambutan

HUT RI ke-78, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Penyambutan
HUT RI ke-78, Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Penyambutan

TOPSUMBAR – Pemko Payakumbuh gelar rapat penyambutan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, di Aula Randang Balai Kota Payakumbuh yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota Payakumbuh.

Rapat persiapan ini bertujuan untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam merayakan HUT RI ke-78 dengan semangat juang dan rasa kebangsaan yang tinggi. Pemko Payakumbuh ingin memberikan perayaan tersebut dengan apik dan memberikan kesan terbaik kepada masyarakat.

Pj. Wako Payakumbuh Rida Ananda menegaskan pentingnya perayaan HUT RI ke-78 sebagai momen bersejarah yang membangkitkan semangat nasionalisme bagi seluruh masyarakat Indonesia, termasuk warga Payakumbuh. Ia juga menekankan pentingnya pendekatan dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan perayaan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Perayaan HUT RI tahun ini harus menjadi momentum untuk membangun rasa nasionalisme dan persatuan di tengah masyarakat. Kita ingin melibatkan seluruh elemen masyarakat Payakumbuh dalam merayakan peringatan kemerdekaan ini,” kata Pj. Wako Rida Ananda.

“Kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk melaksanakan gotong royong serentak di lingkungan masing-masing, terutama di area jalan utama dan jalan lingkung/gang. Kami juga mengharapkan untuk dapat menaikkan bendera merah putih di halama rumah masing-masing selama bulan Agustus,” tukuknya.

Pada rapat ini juga dibahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka peringatan hari jadi Republik Indonesia di Kota Randang itu, diantaranya:

  1. Selasa 15 Agustus 2023, akan dilaksankan pengukuhan Paskibraka
  2. Rabu 16 Agustus 2023, Rapat Paripurna mendengarkan Pidato Presiden RI pada sidang tahunan MPR RI
  3. Rabu 16 Agustus 2023 malam, Upacara apel kehormatan dan renungan suci di taman makam pahlawan Kusuma Bangsa
  4. Kamis 17 Agustus 2023 pagi akan dilaksanakan Upacara Penaikan Bendera di Halaman Balai Kota Payakumbuh, pukul 10.00 WIB akan digelar Upacara peringatan detik-detik Proklamasi kemerdekaan RI. Jam 11.00 WIB dilanjutkan dengan pemberian remisi di Lapas Kota Payakumbuh
  5. Kamis 17 Agustus 2023 sore akan dilaksanakan Upacara Bendera Penurunan Sang Merah Putih dan malamnya dilanjutkan dengan malam resepsi di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah
  6. Sabtu 19 Agustus 2023 akan dilaksanakan Pawai Alegoris yang mengambil star dari Kubu Gadang dan Finis di depan Kantor Pos. Dan akan di ikuti oleh 150 peserta dari sekolah dan pihak umum

“Nanti untuk Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih akan di siarkan live melalui chanel resmi Pemko Payakumbuh,” ucapnya.

“Dan untuk penilaian peserta drum band terbaik nantinya akan di nilai langsung oleh masyarakat melalui poling yang akan kita sediakan secara live,” tambahnya.
Rida mengimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga kebersihan, keamanan, dan ketertiban selama perayaan HUT RI berlangsung.

“Semua elemen masyarakat di harapkan dapat turut serta dalam meramaikan acara tersebut dan menyemarakkan semangat kemerdekaan,” pungkasnya. (Ton)

Pos terkait