Gubernur Mahyeldi Puji Kepedulian Sosial HBT

Gubernur Mahyeldi Puji Kepedulian Sosial HBT
Gubernur Mahyeldi Puji Kepedulian Sosial HBT

TOPSUMBAR – Gubernur Mahyeldi memuji kepedulian sosial dari organisasi kemasyarakatan Himpunan Bersatu Teguh (HBT). Menurutnya, HBT tidak hanya menunjukan kepeduliannya akan tetapi juga konsistensinya.

“Kepedulian sosial HBT termasuk yang tertinggi diantara organisasi kemasyarakatan lainnya di Sumbar. Banyak manfaat yang telah diberikannya untuk masyarakat. Hebatnya lagi mereka selalu konsisten,” kata Gubernur Mahyeldi di Padang, Minggu, 13 Agustus 2023.

Ia mengatakan itu, saat menghadiri kegiatan bakti sosial pelayanan operasi katarak gratis bagi 100 orang warga Sumbar di Padang. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama HBT dengan UPTD Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumbar serta sejumlah pihak lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Gubernur, bakti sosial itu telah memberikan harapan baru bagi para penderita katarak di Sumbar untuk kembali bisa melihat dunia dengan jelas sesuai dengan tema yang diangkat yakni “Awak Mancaliak Tarang”. Dimana, jika tidak di tangani dengan baik, katarak bisa menyebabkan kebutaan.

“Masalah kebutaan bukan hanya masalah kesehatan semata, tetapi telah menjadi masalah sosial, karena berdampak pada resiko kecacatan permanen yang berpotensi menjadi beban ekonomi pada keluarga penderita,” ujar Mahyeldi.

Gubernur mengatakan, secara nasional angka kebutaan telah mencapai 3 persen dari total populasi . Dari angka itu, diketahui sekitar 80 persennya disebabkan oleh katarak. Karena itu, gubernur mengapresiasi setiap langkah dari berbagai pihak untuk mengantisipasi persoalan tersebut.

Sementara itu Toako HBT, Andreas Sjofiandi mengatakan pada kesempatan itu pihaknya membantu operasi katarak bagi 100 orang warga Sumbar. Kemudian ia juga menegaskan, bakti sosial serupa tidak hanya di selenggarakan pihaknya di Sumbar tapi juga pernah pada sejumlah daerah lainnya di Indonesia.

“Operasi katarak ini sudah menjadi kegiatan tahunan HBT tidak hanya di Sumbar, tetapi di Indonesia. Kami pernah melaksanakan bhakti sosial serupa di Puncak Jaya dan Pulau Buru. Hingga 2023, HBT telah memberikan operasi katarak gratis bagi 3500 orang di Indonesia,” ujarnya.

Selain operasi katarak, HBT juga menyerahkan bantuan satu unit ambulance bagi PMI Padang dan bantuan satu unit mikroskop mata bagi Fakultas Kedokteran Unand.

“Kami berharap bakti sosial ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat,” ujarnya. (adpsb)

Pos terkait