Fakta Terbaru dan Sejarah Universitas Negeri Padang, Penghasil Guru Terbaik di Sumatera Barat

Fakta Terbaru dan Sejarah Universitas Negeri Padang, Penghasil Guru Terbaik di Sumatera Barat
Fakta Terbaru dan Sejarah Universitas Negeri Padang, Penghasil Guru Terbaik di Sumatera Barat

14 Jurusan yaitu jurusan Ilmu Mendidik, Pendidikan Sosial, Sejarah, Antropologi, Ekonomi atau Koperasi, Civics atau Hukum. Ilmu Pasti, Ilmu Hayat, Ilmu Alam, Ilmu Kimia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Seni Rupa, Mesin, Sipil dan Arsitektur.

Kegiatan perkuliahan IKIP Padang dipindahkan ke Air Tawar sejak mei 1966 dan mengembangkan program pendidikan yang lebih luas lagi, diketahui pada tahun 1969 terdapat 21 jurusan dan lima Fakultas yang telah berdiri di IKIP Padang ini.

Tahun 1970 IKIP Padang mendirikan sekolah Laboratorium pertama di jenjang pendidikan SMA. Januari 1972 Sekolah Laboratorium dilengkapi dengan jenjang pendidikan yang lebih mendasar dimulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan SMP.

Bacaan Lainnya

Bersamaan dengan itu IKIP Padang memiliki tanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan Proyek Perintis Sekolah Pembangunan.

Sistem Kredit Semester atau SKS mulai diberlakukan pada tahun 1979 hingga saat ini. tahun 1976 dan 1977 dibuka program tanpa gelar atau program sertifikat yang dikenal dengan nama Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan Pertama (PGLSP), dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Bahasa Indoensia dan Bahasa Inggris.

Program ini dikembangkan kembali pada tahun 1977 dengan program studi baru seperti Bimbingan dan penyuluhan, keterampilan Jasa, dan Keterampilan Kerajinan. ditahun yang sama dibuka program sertifikasi Guru Sekolah Lanjutan Atas (PGSLA) dengan fokus bidang Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang mana program berjenis sertifikat ini berlansung hingga tahun 1978.

Beberapa tahun kemudian IKIP Padang semakin melebarkan sayapnya di dunia pendidikan, diketahui bahwa tahun 1977 menambah fakultas baru dengan berintegrasi bersama Sekolah Tinggi Olahraga (STO) dan kesehatan.

IKIP Padang membuka program S0,S1, Akta mengajar I,II,III dan IV. dimana program S0 mencakup Program DI, DII, dan DIII yang dirancang khusus untuk menghasilkan guru SLTP dan SLTA.

Nama beserta singkata Fakultas di IKIP Padang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 14 maret 1983, kemudian pada tahun 1990 pelaksanaan program LPTK dibawah satu atap diintegrasikan kembali ke IKIP Padang, menjadi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

Pembauran ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru Sekolah Dasar. sedangkan pada tahun 1994 Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa (SGPLB) Bandar Buat mengikuti pembauran ke IKIP Padang Menjadi Jurusan Pendidikan Luas Biasa (PLB).

Tidak hanya program sarjana, program Pasca Sarjana telah dirintis sejak tahun 1981 dengan nama Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) dibawah naungan Fakultas Pasca Sarjana.

6. IKIP Bertransformasi menjadi Universitas Negeri Padang 1999-sekarang

Nama IKIP bertransformasi menjadi Universitas Negeri Padang (UNP) sesuai dengan ketetapan Presiden Nomor 93 tahun 1999 pada 24 Agustus 1999. yang kemudian Universitas Negeri Padang merambah program Non kependidikan setelah disetujui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud Nomor 1499/D/1996 tanggal 20 juni 1996.

Pos terkait