Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat

Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat
Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat

Kegiatan perdagangan dan pariwisata mengantarkan Kota Pariaman menjadi pusat perdagangan hasil bumi hingga ke pariwisata pesisir.

Jumlah penduduk Kota Pariaman di tahun 2022 berjumlah 95.519 jiwa, Kota Pariaman berjaya di sektor perdagangannya, dan menjadi penyedia lapangan kerja terbesar di Kota Pariaman.

Bukan hanya dibesarkan oleh sektor perdagangan, Kota Pariaman ini juga menduduki sektor jasa diman di Pariaman terdapat dua unit pasar induk Tradisional yang menjadi pusat aktivitas masyarakat kota.

Bacaan Lainnya

Diketahui sektor pariwisata menyumbang PDRB Kota Pariaman hingga Rp550 juta di tahun 2021, sehingga dapat dikatakan perekonomian masyarakat Pariaman berhasil ditopang oleh asupan PDRB nya.

7. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Sumatera Barat, dengan luas wilayah mencapai 6.011,35 km2, Kepulauan Mentawai dihuni oleh 83.517 jiwa dengan kepadatan 14 jiwa/km². di kepulauan Mentawai terdapat 10 kecamatan serta 43 desa.

Dilansir dari situs resmi Universitas Bung Hatta pada Selasa 22 Agustus 2023, menyatakan bahwa Kepulauan Mentawai memiliki potensi kelautan yang besar, pasalnya kepulauan Mentawai merupakan pusat jalur migrasi ikan tuna terbesar di dunia.

Tidak itu, keindahan pulau Mentawai dengan limpahan hutan bakau yang indah, pantai yang ciamik dan pesona terumbu karangnya menjadikan pantai di pulau Mentawai menjadi terkenal hingga ke penjuru dunia.

Lebih dari 7000 tamu mancanegara yang berkunjung ke pulau Mentawai untuk sekedar menikmati keindahan pantainya atau surfing dan terus meningkat setiap harinya. Potensi besar ini mengantarkan Kepulauan Mentawai menjadi daerah terkaya di Sumatera Barat dengan PDRB nya sebesar Rp540 juta rupiah.

Nah itulah daftar daerah terkaya di Sumatera Barat, apakah daerahmu masuk dalam daftar di atas?

(SR)

Pos terkait