Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat

Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat
Dikira Padang, Ternyata Bukittinggi jadi Daerah Terkaya di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Kekayaan suatu daerah kerap kali dijadikan sebagai tolak ukur kemakmuran suatu daerah, semakin kaya suatu daerah, maka semakin dianggap makmur masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Kekayaan perekonomian suatu daerah digambarkan dengan angka Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) suatu daerah yang mewakili pertumbuhan dan pembangunan suatu wilayah.

Tercatat PDRB Sumatera Barat berada di angka Rp285,38 Triliun sedang PDRB perkapita berada di angka Rp50,59 Juta (Badan Pusat Statistik dalam angka 2022).

Bacaan Lainnya

Kali ini Topsumbar akan merangkum daerah mana saja yang menjadi penyumbang terbesar angka PDRB Sumatera Barat di tahun 2023 ini.

Dilansir dari harianhaluan.com inilah daftar daerah dengan PDRB tertinggi di Sumatera Barat tahun 2023:

1. Bukittinggi

Kota yang pernah dijuluki Paris van Sumatra ini menduduki posisi pertama daerah terkaya di Sumatera Barat.

Bukittinggi memiliki luas wilayah sebesar 145,29 km2 memiliki penduduk sebanyak 128.944 jiwa. Secara geografis Kota Bukittiggi ini berada di rangkaian Bukit Barisan, berjarak 90 km dengan ibu kota Sumatera Barat, Kota Padang.

Kota Bukittinggi merupakan daerah terkaya di Sumatera Barat dengan sektor perdagangan grosir terbesar di pulau Sumatera.

Kota Bukittinggi terkenal dengan Pasar Ateh, Pasar Bawah dan Pasar Kuning. Selain sebagai pemasok grosir terbesar, Kota Bukittinggi juga memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa, mengantarkan PDRB Bukittinggi ke angka Rp740 juta.

2. Kota Padang

Ibu Kota Sumatera Barat ini menduduki posisi ke-2 sebagai daerah terkaya di Sumatera Barat, Kota Padang memiliki luas wilayah sebesar 1.414,96 kmĀ², yang menjadikannya sebagai kota terbesar di Sumatera Barat. meskipun didominasi oleh hutan lindung.

Jumlah penduduk Kota Padang adalah sebanyak 919.145 jiwa. Dengan mengusung sektor industri, perdagangan dan jasa sebagai dominasi penyumbang pendapatan perkapitanya, Kota Padang mampu menjadi daerah terkaya nomor dua di Sumatera Barat setelah Bukittinggi dengan total PDRB sebesar Rp710 juta.

Pos terkait