Bupati Pessel Hadiri Lomba Kerapatan Adat Nagari Tingkat Provinsi

Bupati Pessel Hadiri Lomba Kerapatan Adat Nagari Tingkat Provinsi
Bupati Pessel Hadiri Lomba Kerapatan Adat Nagari Tingkat Provinsi

TOPSUMBAR – Bupati Pesisir Selatan Drs.Rusma Yul Anwar,M.Pd menghadiri Lomba Penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu, 23 Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruangan Aula Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Sungai Tunu Timur Kec. Ranah Pesisir.

Bupati dalam sambutannya mengatakan Penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) diharapkan dapat memicu dalam semangat kembali ke Nagari secara positif menurut “Aula Jo Patuik”.

Bacaan Lainnya

“Hal ini juga dalam rangka Penguatan Peranan Kelembagaan Adat Untuk melestarikan nilai-nilai Budaya Adat dalam kehidupan sehari-hari yang mana nantinya melahirkan Filsofi “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” tambahnya.

Rusma Yul Anwar juga mengatakan kekuatan nilai-nilai yang sudah ada di nagari hendaknya tetap dipertahankan karena pembangunan yang dilaksanakan saat inj tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat khususnya para ninik mamak pemangku adat yang ada dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN).

“Tanpa adanya dukungan tersebut mustahil Pemerintah Daerah tidak bisa berbuat banyak dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Pesisir Selatan yang telah kita buat,” tukasnya.

Bupati juga menambahkan selama kepemimpinannya belum sepenuhnya aspek pembangunan berjalan secara optimal, dikarenakan kondisi wilayah yang luas dan ditambah lagi dengan kemampuan keuangan daerah yang terbatas sehingga belum semua kegiatan yang dapat tersentuh.

Kegiatan Lomba Penilaian Kerapatan adat Nagari (KAN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sumatera Barat dan Tim Penilai dari masing-masing OPD tingkat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Forkopinca Ranah Pesisir, Wali Nagari beserta jajaran maupun Tokoh Masyarakat, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Penghulu Adat, Bundo Kanduang, Nan Mudo Paga Nagari, Suluah Bendang dalam Nagari Se-Kec. Ranah Pesisir. (Re)

Pos terkait