95 Orang Relawan Damkar Dikukuhkan Wako Rida Ananda

95 Orang Relawan Damkar Dikukuhkan Wako Rida Ananda
95 Orang Relawan Damkar Dikukuhkan Wako Rida Ananda

TOPSUMBAR – Walikota Payakumbuh Rida Ananda kukuhkan 95 orang relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang yang diharapkan dapat membantu petugas damkar saat terjadi kebakaran dan menjadi ujung tombak di masing masing kelurahan.

“Kebakaran menjadi salah satu bencana yang cukup sering terjadi di Kota Payakumbuh. Sehingga memang kehadiran relawan damkar sangat kita butuhkan,” kata Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda usai mengukuhkan relawan damkar, Selasa, 115 Agustus sore.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Dony Prayuda, Kapolres kota Payakumbuh yang di wakili oleh kasat Sabhara, Kadis Sosial, Camat se kota Payakumbuh BPBD, Kapolpos Basarnas 50 Kota.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan kehadiran relawan damkar yang tersebar di seluruh kelurahan ini dapat membantu penanganan awal saat terjadi kebakaran.

“Harapan kita tentu tidak adanya lagi warga kita yang tertimpa musibah kebakaran. Namun, jika terjadi kejadian kebakaran maka relawan kita ini bisa membantu lebih awal sebelum petugas damkar datang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu relawan Damkar juga langsung melakukan simulasi memadamkan kebakaran sebuah rumah yang di dampingi oleh Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh.

Rida menilai selain untuk membantu dalam melakukan pemadaman, relawan Damkar ini juga di harapkan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat terkait hal-hal yang akan dapat memicu terjadinya kebakaran serta penanganan awal sewaktu terjadi kebakaran.

“Dengan di giatkannya sosialisasi oleh relawan ini, harapan kita dapat menekan angka kejadian kebakaran di Kota Payakumbuh,” ujarnya. (Ton)

Pos terkait