Wakil Bupati Berikan Apresiasi Pada Kapolres Pesisir Selatan

Pesisir Selatan — Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si memberikan apresiasi pada Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Novianto Taryono, S.H, S.I.K, MH dan seluruh jajaran Polres Pessel dalam mewujudkan Harkamtibmas m elalaui kegiatan Siskamling di Kabupaten Pesisir Selatan.

Wakil Bupati Pesisir Selatan itu mengatakan jika dalam mewujudkan Harkamtibmas di Kabupaten Pesisir Selatan bukan semata menjadi tanggung jawab dari pihak Kepolisian saja. Ataupun pihak – pihak terkait. Peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat juga penting dalam mendukung Harkamtibmas.

” Kita mengajak Forkopimca yang ada, bersama – sama mendukung program Siskamling di Kabupaten Pesisir Selatan,” tegas Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Upacara Apel Kasatkamling Polres Pesisir Selatan selain di hadiri Wakil Bupati Pesisir Selatan Apt. Rudi Hariyansyah, S.Si, juga Kejari Pesisir Selatan Raymond Hasdianto Sihotang, SH. MH, Kepala Rutan Painan di wakili Kepala Keamanan Rutan Syafril, SH, Para Kabag dan Kasat Polres Pesisir Selatan, Para Kapolsek Sejajaran Polres Pesisir Selatan, Para Perwira Polres Pesisir Selatan, Walinagari dan tamu undangan lainya.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Novianto Taryono, S.H. S.I.K.M.H.

Membacakan arahan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Novianto Taryono, S.H. S.I.K.M.H, apel yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa,” katanya.

Mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia, hal ini merupakan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

” Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf c UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, dan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling,” ucap Novianto Taryono.

Kapolres Pessel berharap Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terlebih kita akan menghadapi agenda nasional yaitu Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

Selanjutnya sebagai upaya akselerasi, Polri telah mengadakan lomba Satkamling mulai tingkat Polres, Polda hingga nasional. Saya ucapkan selamat bagi para pemenang diharapkan agar terus lakukan perbaikan dan tingkatkan kerja sama dalam penyelenggaraan Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat semakin menggelorakan dan menumbuhkan kesadaran kita bersama akan pentingnya memelihara kamtibmas mulai dari lingkungan sendiri.

Saat ini Instirusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan para Awak Satkamling melalui pelatihan, seperti penjagaan dan patroli lingkungan, perbantuan dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lain demi keselamatan masyarakat.(019)

Pos terkait