Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat, Dinas Pertanian Sijunjung Sosialisasikan Pos Petani Cerdas

Topsumbar – Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung sosialisasikan Pos Petani Cerdas di Desa Kampung Baru, Kecamatan Kupitan, Rabu (26/7/2023).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Dewi Shinta Ananda, S.Pt, bersama Kelompok Jabatan Fungsional (KJF), staff, Kepala Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Palangki, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kupitan, Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), perangkat desa serta perwakilan Kelompok Tani (Keltan) seluruh Desa Kampung Baru.

Dewi dalam penyampaian materinya tentang Pos Petani Cerdas, mengatakan Pelayanan Pertanian Terpadu, Cepat, Responsif dan Sistematis (Pos Petani Cerdas) adalah suatu aplikasi berbasis android dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Melalui Pos Petani Cerdas, pelayanan pertanian melibatkan penyuluh pertanian dari BPP, POPT dari Pemprov Sumbar serta veteriner medis dari Puskeswan dibantu oleh operator yang berada di kantor desa,” kata Dewi.

Ia menyebutkan, permasalahan yang dihadapi petani mulai dari sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, kesehatan hewan hingga permasalahan sarana prasarana dari hulu hingga hilir nantinya bakal mendapatkan pelayanan secara kontinu.

“Pos Petani Cerdas akan mengadakan pertemuan secara rutin tiap bulan di Desa Kampung Baru dan hari ini adalah pertemuan perdana, sedangkan launchingnya pada 28 Juli 2023 mendatang,” sebutnya.

“Kedepan kita berharap, Pos Petani Cerdas akan eksis di setiap nagari/desa se-Kabupaten Sijunjung, sehingga masyarakat betul-betul merasakan kemudahan, mengingat keterbatasan sumberdaya kita,” tutup Dewi.

Sebelumnya, di Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV Nagari  yang merupakan “Nagari Pertama Berbasis Digital” juga telah dilakukan pertemuan serupa pada Jumat (21/7/2023).

Pelayanan Pos Petani Cerdas di Nagari Koto Tuo pada Jumat lalu, membahas materi pengendalian hama ulat pada tanaman jagung dilanjutkan dengan Inseminasi Buatan (IB) pada ternak sapi.

Tak hanya pertemuan rutin, melalui Pos Petani Cerdas, petani juga bisa memperoleh layanan yang sifatnya Gawat, Mendesak, Penyebaran (GMP).

Melalui Pos Petani Cerdas, tentunya juga akan berimbas pada Indeks Pelayanan Publik (IPP) sebagai visi misi daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sijunjung yang Sejahtera, Unggul dan Berbudaya Menuju Masyarakat Madani.

(AG)

Pos terkait