Serah Terima Bendera Kirab Pemilu dan Penyerahan Maskot KPU Sawahlunto Tahun 2023

Topsumbar – Acara kirab pemilu merupakan salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi pemilu 2024 diselenggarakan hari Senin, 03 Juli 2023 di Lapangan Segitiga (Lapseg) PTBA- UPO.

Bendera kirab pemilu tersebut dari Aceh menuju Sumut, Riau, Payakumbuh, Batu Sangkar dan diserahkan oleh KPU Tanah Datar Amrullah (Plh) kepada Fadhlan Armey Ketua KPU Kota Sawahlunto.

Pada acara yang sama, juga dilaksanakan serah terima bendera merah putih dan bendera partai politik, setelah itu pembacaan deklarasi pemilu sebagai sarana pemersatu bangsa yang langsung diikuti dengan penandatanganan pakta integritas oleh 15 partai politik dan segenap unsur terkait.

Bacaan Lainnya

Penyerahan maskot KPU yang diberi nama SULU dan SURA (Suara Pemilu) dan (Suara Rakyat) kepada Forkopimda, Ketua Pengadilan dan undangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Fadlan Armey menyampaikan kirab pemilu ini yakni dalam rangka menyebarluaskan informasi kepada masyarakat tentang pemilu 2024 yang tahapan nya sudah mulai dilaksanakan.

“Kirab pemilu ini adalah amanah undang-undang, untuk menyampaikan informasi tentang pemilu kepada publik yang akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 nanti. Bendera kirab pemilu ini akan diserahterimakan pada KPU Kabupaten Sijunjung pada 9 Juli 2023,” ungkap Fadhlan.

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang mengikuti kegiatan Kirab Pemilu tersebut bersama Sekda Ambun Kadri, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengajak masyarakat Sawahlunto untuk bersama-sama menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 tersebut.

“Demokrasi telah memberikan kita hak suara untuk memilih pemimpin dan wakil-wakil rakyat. Jadi mari kita manfaatkan hak pilih tersebut,” kata Zohirin Sayuti.

Acara ini dihadiri oleh KPU Provinsi Sumbar, Ory Sativa Sakban Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Bawaslu Sawahlunto.

(ROL)

Pos terkait