Pj. Wali Kota Payakumbuh Pimpin Rakor Strategis Jelang Pemilu 2024

TOPSUMBAR – Rapat Koordinasi (Rakor) yang berlangsung di Aula Pertemuan Randang Lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh pada Senin 15 Januari 2024 sore menjadi forum penting bagi Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rakor ini bertujuan untuk merinci persiapan matang menjelang Pemilu Serentak 2024. Dalam pertemuan ini, unsur Forkopimda, Penyelenggara dan Pengawas Pemilu, Perangkat Daerah, pimpinan BUMN/BUMD, ketua MUI, LKAAM, Tokoh Masyarakat, dan ketua dari setiap organisasi wartawan Kota Payakumbuh turut serta.

Rakor ini dihelat guna merumuskan langkah-langkah strategis demi menciptakan suasana yang kondusif sebelum, selama, dan pasca-pemungutan suara pada Pemilu Serentak 2024.

Bacaan Lainnya

Sebelum Pj. Wali Kota Payakumbuh secara resmi membuka acara, ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir, dan timnya memaparkan kesiapan KPU menghadapi Pemilu pada 14 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh, Jasman, menekankan urgensi pelaksanaan Rakor mengingat keterbatasan waktu menuju hari-H Pemilu.

Ia menyampaikan bahwa, sangat penting, mengingat hari pelaksanaan Pemilu semakin dekat dan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bagian dari penyelenggara negara untuk berkontribusi secara optimal sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Jasman juga menyampaikan pesan dari Presiden terkait pelaksanaan Pemilu 2024, yaitu agar Pemilu tidak menjadi pemicu perpecahan di masyarakat.

Beliau menambahkan bahwa, pesan tersebut menjadi peringatan bagi kita semua untuk proaktif dalam mengelola dan mengambil kebijakan preventif menghadapi dinamika yang mungkin terjadi di tengah masyarakat.

Pentingnya menjaga netralitas tanpa pengecualian bagi seluruh aparatur negara juga menjadi fokus dalam sambutan Jasman. Ia menegaskan larangan dan sanksi bagi mereka yang terbukti tidak netral selama Pemilu.

Terkait dengan kelancaran Pemilu Serentak 2024, Jasman memberikan masukan kepada KPU untuk menyediakan layanan pengaduan masyarakat.

Ia juga memastikan agar KPU mempersiapkan segala sesuatu dengan seksama guna menjamin jalannya Pemilu Serentak 2024 dengan lancar.

“Kepada rekan media, mari bersama-sama menciptakan suasana aman, damai, dan kondusif dalam peliputan,” ajak Jasman.

“Hari ini, kita berkumpul untuk merancang rencana aksi bersama, dengan harapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar, damai, dan kondusif,” tutupnya.

Dari unsur Forkopimda, setiap paparannya lebih menitikberatkan pada kesiapan instansi yang dipimpinnya guna menjaga situasi agar tetap aman, damai, dan kondusif sepanjang Pemilu Serentak 2024.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait