Mulan Jamela, Wagub Audy dan Aswandi Meriahkan Payakumbuh Botuang Festival (PBF) Tahun 2023

Topsumbar — Payakumbuh Botuang Festival (PBF) tahun 2023 berlangsung meriah dan membludak. Kegiatan yang sempat vakum beberapa tahun tersebut kali ini digelar di Batang Agam, Kelurahan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat, yang resmi dibuka oleh Pj. Walikota, Rida Ananda Kamis malam 13 Juli 2023 sekitar pukul 22.00 Wib.

Tampak ribuan warga dari berbagai tempat di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) hadir menyaksikan Ivent Pariwisata yang juga menghadirkan tamu spesial yaitu Penyanyi sekaligus Anggota DPR-RI, Mulan Jameela.

Selain istri Ahmad Dhani tersebut, juga Hadir Staf Khusus Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Josua Pujimulya Simanjuntak, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi, Kadis Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda, FORKOPIMDA serta Bakal Calon Anggota Legislatif (BACALEG) DPR-RI, Aswandi yang merupakan donatur Kegiatan itu, dan sejumlah kepada OPD di lingkungan Kota Payakumbuh.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Rida Ananda mengatakan Pemerintah Kota Payakumbuh terus berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan industri serta event tradisional guna untuk meningkatkan ekonomi di kota City of Randang itu.

“Pemerintah Kota Payakumbuh berkomitmen memperkokoh nilai-nilai tradisional serta menghidupkan ekonomi masyarakat dan memperkokoh sillaturahmi melalui ivent Payakumbuh Botuang Festival ini” sebut Rida.

Dikesempatan itu dirinya juga mengucapkan berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif yang memasukkan Iven PBF dalam Kharisma Even Nusantara (KEN).

” Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif yang memasukkan Iven Payakumbuh Botuang Festival (PBF) dalam Kharisma Even Nusantara (KEN),” tambahnya.

Rida juga berharap kegiatan yang digelar selama tiga hari itu bisa membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Payakumbuh.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi mengapresiasi Pemerintah Kota Payakumbuh dan seluruh jajaran pelaksana yang mengangkat Iven tersebut. Iven PBF yang dilaksanakan merupakan 1 dari 4 ivent yang masuk KEN di Sumatera Barat.

” Kita apresiasi Pemerintah Kota Payakumbuh dan seluruh pihak yang melaksanakan kegiatan ini, PBF yang digelar di Payakumbuh merupakan 1 dari 4 ivent yang masuk KEN di Sumatera Barat. Daerah lainnya adalah Solok, Tanah Datar dan Sawah Lunto.” Tutupnya.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno yang diwakili Staf Khusus Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Josua Pujimulya Simanjuntak dalam sambutannya berharap ivent yang digelar dapat membangkitkan sektor ekonomi Pariwisata berbasis kearifan lokal.

” Semoga ivent ini bisa membangkitkan sektor ekonomi Pariwisata berbasis kearifan lokal. Kegiatan ini kita harapkan bisa berkelanjutan.” Tutupnya.

Sementara itu, Bakal Calon Anggota Legislatif (BACALEG) DPR-RI dari Partai PDIP, Aswandi yang merupakan donatur Kegiatan itu saat diwawancarai mengungkapkan bahwa dirinya siap mendukung berbagai kegiatan positif untuk membangkitkan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Payakumbuh.

”Walaupun saya bukan asli orang Payakumbuh, namun saya akan mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang bisa membangkitkan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat khususnya ke Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sudah seperti kampungnya, sebab dirinya yang sering kali berkunjung ke Luak Limopuluah. ”Daerah kita Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sudah seperti tempat tinggal saya,sebab saya sering kali berkunjung ke sini dan keluarga saya juga ada disini. Daerah ini sangat kaya dengan berbagai ivent yang jika dikemas dengan baik akan menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan. Dan saya melihat semangat Kaum Milenialnya, sangat luar biasa disini,” tutupnya.

Usai Penampilan Tari dari Pelajar SMP N 10 Payakumbuh, acara pembukaan itu diramaikan dengan Penampilan anggota DPR-RI yang artis Mulan Jamela. Istri Musisi Tanah Air Ahmad Dani itu menyanyikan lagu Makhluk Tuhan Yang Paling Seksi, Bukannya Aku Takut dan Wonder woman. (Ton)

Pos terkait