Bupati Pessel Hadiri Acara Sumarak Alek Ikatan Keluarga Besar Barung-Barung Belantai dan Sekitarnya

Topsumbar — Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar menghadiri acara Sumarak Alek Ikatan Keluarga Besar Barung-Barung Belantai dan Sekitarnya (IKBS) tahun 2023 di Gedung Gelanggang Remaja Cengkareng Jakarta Barat, Jum’at (28/07).

Dalam sambutannya Bupati dalam menyampaikan Pemerintah Daerah sudah mencanangkan Program Nagari Bersekolah (Pronasa).

“Melalui Pronasa ini, pengawasannya bukan saja dari tenaga Pendidik tapi ada juga bimbingan dan pengawasannya dari kalangan Ninik Mamak setempat,” kata Rusma Yul Anwar.

Bacaan Lainnya

Untuk itu kita mengajak dan bermohon kepada ninik mamak yang ada di perantauan agar lebih bisa memberikan masukan atau bimbingan kepada anak Kemanakan maupun sanak saudaranya untuk menjauhi Narkoba,” tambahnya.

Bupati mengatakan melalui Pronasa ini akan sukses jika tercipta sinergitas dari semua pihak baik di kampung maupun di perantauan yang sejalan dengan tema Sumarak Alek ini yakni “Menjalin Silaturahmi dan Menciptakan Kebersamaan Demi Kemajuan Bermanfaat di Rantau, Berbuat di Kampung Halaman Barek Samo Dipikua Ringan Samo di Jinjiang Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi.”

Bupati berharap kepada para Perantau Ikatan Keluarga Barung-Barung Belantai dan Sekitarnya lebih bisa mengoptimalkan maupun mengedepankan rasa kekompakan dan kekeluargaan.

“Sehingga nantinya ada pencapaian peningkatan dalam pertumbuhan pembangunan melalui konstribusi para perantau bisa saling bersinergi,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan pada tahun 2024 Pemerintah Daerah akan membangun Rest Area di Barung-Barung Belantai, sehingga pengembangan objek wisata tidak hanya fokus ke Kawasan Mandeh.

“Proses pembangunannya sedikit terlambat dikarenakan lokasi tersebut masuk dalam kawasan Hutan Lindung (TNKS), sekarang Pemerintah Pusat dalam hal ini Dinas Kehutanan sudah memberikan Izin yang mana kawasan Hutan Lindung tersebut sudah bisa diperuntukan bagi masyarakat dan di terbitkan sertifikatnya,” terang Rusma Yul Anwar.

Bupati juga mengatakan dengan dibangunnya rest area di Nagari Barung-Barung Belantai akan ada dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dan tentunya memerlukan dukungan semua pihak.

Acara Sumarak Alek IKBS Tahun 2023 ini turut dihadiri Ketua DPRD Kab. Pesisir Selatan, Ermizen, Anggota DPD-RI, Ketua IKWAL DKI Jakarta, Kolonel CKM Ardijon, Kepala BKPSDM, Tamsir, Ketua DPP IKBS, Ridwan Sutan Nan Kayo, Ketua KAN Barung-Barung Balantai, Wali Nagari Barung-Barung Balantai Timur, para perantau dari Ikatan Keluarga Minang dan perantau yang tergabung dalam IKBS.

(RD)

Pos terkait