Pj. Wako Rida Ananda Hadiri City Sanitation Summit (CSS) XXI 2023 di Kabupaten Bandung

Topsumbar — Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri City Sanitation Summit (CSS) XXI 2023 yang digelar di Gedung Budaya Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (15/6).

Kegiatan CSS XXI 2023 di Kabupaten Bandung ini dilaksanakan pada 14 hingga 16 Juni 2023. Kegiatan tersebut merupakan agenda Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) untuk bertukar pengalaman, membangun kemitraan, advokasi, dan promosi.

Adapun agenda CSS XXI 2023 meliputi seminar, sharing session, rapat kerja nasional, kunjungan lapangan, dan expo yang diikuti 488 kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya

Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan kegiatan ini berdampak sangat positif untuk berbagi pengalaman dalam melaksanakan kegiatan sanitasi. Apalagi dalam beberapa tahun ini Kota Payakumbuh tengah gencar dengan program-program bagaimana pengelolaan sanitasi yang baik dan sehat.

Rida juga menuturkan kalau CSS ini baru pertama diikuti selama dirinya menjabat sebagai kepala daerah.

“Kita berharap, di masa mendatang penerapan sanitasi yang sehat dapat diterapkan di Kota Payakumbuh. Pembangunan sanitasi yang sehat dan berkelanjutan tentu melibatkan semua komponen masyarakat,” pungkasnya.

Acara tersebut juga tampak dihadiri Mantan Wali Kota Payakumbuh Josrizal Zain selaku Sekretariat Akopsi, di masa Josrizal menjabat dulu, Sanitasi Kota Payakumbuh menjadi prioritas dibenahi dan digalakkan gerakan bebas BAB sembarang tempat.

“Kita ingin melahirkan rekomendasi pengelolaan sanitasi ke kementerian terkait dan juga termasuk pengelolaan sampah,” kata Josrizal. (Ton)

Pos terkait