Pemkab Pessel Tampilkan Belasan Produk Unggulan Pertanian dan UMKM di Acara Penas KTNA ke XVI

Topsumbar — Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat menampilkan belasan produk unggulan di Gelaran Pekan Nasional (Penas) XVI Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) di Kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, pada 10 – 15 Juni 2023.

Adapun anggota kelompok tani dan nelayan mengikuti, lebih kurang 158 orang.

“Sekitar 13 poktan, bahkan ada lagi tambahan yang ikut dari Nagari-nagari utusan kita (Pessel) yang akan ikut ajang Penas tahun ini,” ucap Kepala Dinas Pertanian Pessel, Madrianto, baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Utusan tersebut, tambahnya, berasal dari kontak tani dan nelayan, kelompok tani, penyuluh, utusan Dinas Pertanian, dan Nagari yang mendaftar secara mandiri.

“Kita juga akan mengikuti beberapa kegiatan, dan pastinya akan menampilkan belasan produk unggulan daerah kabupaten Pessel,” ujar Madrianto.

Beberapa kegiatan yang diikuti Pessel pada Penas di Padang, diantaranya:

Penandatanganan Kerja Sama Kredit KUR untuk Petani oleh Bupati Pesisir Selatan yang dijadwalkan hadir Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, Pameran Pertanian, Expo Peternakan, Kontes Ternak (Tahun ini Kabupaten Pessel memperoleh empat nominasi, yaitu Sapi Pesisir Jantan, Sapi Pesisir Betina, Kerbau Betina, Sapi PO Betina).

“Pengumuman kontes akan disampaikan pada gelaran Live Expo diajang Penas juga,” ucap Madrianto.

Dalam acara Penas ini, papar dia lagi, penyuluh Kabupaten Pessel juga akan mengikuti temu Wicara dengan beberapa Menteri.

Ada juga kegiatan temu Tani Sukses Penyuluh, Temu Usaha Agrobisnis Pangan & Hortikultura, Peternakan & Kehutanan, Kelautan & Perikanan, Perkebunan, dan Gelar Teknologi.

Selain itu, belasan produk unggulan juga akan ditampilkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Pessel, berupa:

Bawang Merah dan olahan nya, Durian, Umbi Porang dan olahan nya, Rendang Udang, Rendang Lokan, Rendang Tuna, dan Rendang Ikan.

Lalu, Sirup Pala, Ecoenzim, Nano Ikan Booster Buah, Bengkuang, Nanas Madu, dan Bibit Jengkol, Bawang, Durian.

“Tidak hanya produk Pertanian, namun juga kita akan menampilkan produk UMKM berupa Sulam Bayangan,” terang Madrianto.

(RD)

Pos terkait