Genius Tantang Ketua IPSI Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat ASEAN di Kota Pariaman

Topsumbar — Wali Kota Pariaman Genius Umar meminta Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Pariaman Sri Siswani, untuk menggelar Kejuaraan Pencak Silat se ASEAN di Kota Pariaman sebelum bulan Oktober 2023.

Hal itu disampaikan Genius saat membuka secara resmi Kejuaraan Daerah Pencak Silat Kota Pariaman Tahun 2023, yang dilaksanakan di GOR Rajo Bujang Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Sabtu, (24/6/23).

“Saya ingin apapun bentuk kejuaraan silat yang dipertandingkan selalu dilaksanakan di Kota Pariaman, karena konsep wisata Kota Pariaman adalah sport tourism yaitu olahraga yang mendukung pariwisata dan pariwasata yang mendukung olahraga, olahraga ikut meramaikan pariwisata dan pariwisata yang didukung oleh  olahraga, sehingga wisata sport toursm Kota Pariaman semakin dikenal oleh masyarakat luas baik nasional ataupun international”, ujar Genius.

Bacaan Lainnya

Genius juga berikan apresiasi kepada Ketua Pengcab IPSI Kota Pariaman Sri Siswani yang sudah berusaha keras unutk memajukan olaraga pencak silat yang juga merupakan budaya tradisional Kota Pariaman dengan segala keterbatasan yang ada.

“Saya juga ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Ketua KONI Kota Pariaman Edison TRD, yang mana selama menjabat sebagai Ketua KONI, olahraga Kota Pariaman mengalami peningkatan yang sangat bagus sekali dengan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh atlet-atlet Kota Pariaman seperti Juara 1 sepak bola tingkat sumbar, juara 1 futsal dan masuk 8 besar nasional, dan cabang olahraga lainnya termasuk pencak silat ini”, terang Genius.

Genius berpesan pertahankan semua prestasi tersebut kalau bisa lebih ditingkatkan lagi. Pemerintah Kota Pariaman siap mendukung dan mendanai kegiatan yang bersifat positif dan mengharumkan nama Kota Pariaman seperti yang telah dilakukan selama ini.

Sementara itu Sri Siswani menyatakan bahwa kejuaraan yang dilaksanakan ini sepenuhnya didanai oleh Pemerintah Kota Pariaman melalui KONI Kota Pariaman, dan berharap kedepannya pencak silat ini lebih diperhatikan lagi, dan jangan sampai atlet silat Kota Pariaman beralih ke daerah lain karena kurangnya perhatian dan pembinaan.

“Adapun jumlah atlet yang ikut Kejurda saat ini adalah sebanyak 273 orang dari delapan kelompok perguruan yang terdiri dari  remaja dan dewasa, yang pada tanggal 24 Juli 2023 akan ikut berlaga di Tingkat Provinsi Sumatera Barat.Mudah-mudahan dengan dukungan dan perhatian Pemerintah Kota Pariaman, KONI, dan masyarakat pencak silat Kota Pariaman semakin maju dan Berjaya”, tegasnya. (Zaituni).

Pos terkait