Pemkab Pesisir Selatan Luncurkan Pronasa

Topsumbar – Guna siapkan SDM Berkualitas Dan Berdaya Saing, program Nagari Bersekolah (Pronasa) melampaui target kinerja dan Tugas Pokok guru untuk mempersiapkan anak didik yang berkualitas.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Salim Muhaimin di gedung PCC, Senin (22/5).

Menurut Salim, lahirnya Pronasa juga berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional dalam rangka mengembangkan potensi anak didik, menuju terwujudnya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, Program Nagari Bersekolah juga merupakan implementasi dari program (Kemendikbud) Republik Indonesia yaitu Merdeka Belajar, menuju anak didik yang kompeten.

“Misi pendidikan saat ini telah bertransformasi dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Dalam hal ini sangat dibutuhkan dukungan dari seluruh pihak termasuk masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, pembinaan siswa terpadu berbasis aplikasi Pronasa, meningkatkan praktek ibadah, prestasi siswa, mengoptimalkan pemanfaatan waktu luang untuk pengembangan diri.

“Manfaat Program Nagari Bersekolah tersebut antara lain siswa mampu berinteraksi dengan baik, terbiasa dengan guru berbeda dan siswa akan berprestasi. Kami juga akan melakukan sosialisasi Program Nagari Bersekolah ke seluruh kecamatan,” tutupnya. (MHF)

Pos terkait