Walikota Solok Hadiri Pertemuan Panggung Pidato Adat di Nan Balimo

Kota Solok | Topsumbar – Walikota Solok, H. Zul Elfian Umar hadiri acara Panggung Pidato Adat se-Kota Solok dalam rangka Halalbihalal menyambut Idul Fitri 1444 H, Jumat (28/4) malam di Mesjid Nurus Sakinah, Nan Balimo.

Turut hadir, Ketua LKAAM, Ketua Bundo Kanduang, Kepala Dinas Pariwisata, Lurah Nan Balimo, para guru panggung pidato adat, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, beserta perwakilan masing-masing panggung pidato.

Pimpinan Panggung Pidato Adat Kelurahan Nan Balimo, Dt. Mangkuto Sati, dalam kata sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan sekaligus ucapan maaf lahir dan bathin mewakili panggung Pidato Adat Nan Balimo kepada tamu undangan yang hadir.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar menyampaikan bahwa Rasulullah Muhammad SAW sangat menyenangi orang-orang yang selalu menjaga silaturrahmi. Bahkan banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari menjaga silaturrahmi ini.

Wako meemberikan apresiasi untuk seluruh pengurus panggung pidato yang telah merancang pelaksanaan kegiatan ini. Panggung Pidato Adat merupakan salah satu warisan adat budaya kebanggaan Kota Solok yang harus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Setiap anak muda di Kota Solok harus tahu dan bisa petatah-petitih, pidato pasambahan, basilek dan mangaji.

“Kota Beras Serambi Madinah berlandaskan falsafah adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah, adat mangato, syara’ mamakai tidak hanya slogan, namun bisa kita buktikan. Ninik Mamak Kota Solok adalah Ninik Mamak yang religius dan agamais, bahkan sebagian besar adalah buya,” tegas Wako.

“Kewajiban kita menjaga dan berupaya untuk bisa mewariskan nilai-nilai adat dan budaya kepada generasi muda sehingga tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman,” sambungnya.

Kepala Dinas Pariwisata Milda Murniati juga menyampaikan bahwa pertemuan panggung pidato ini merupakan kegiatan rutin kelima yang dilaksanakan oleh pengurus panggung pidato pada tahun ini.

Tidak hanya untuk membahas bagaimana perkembangan dan kendala yang ada di panggung pidato, serta masalah Adat dan budaya, pertemuan ini merupakan salah satu media untuk penyampaikan program pemerintah Kota Solok langsung ke masyarakat.

Kegiatan ini ditutup dengan acara makan bersama masakan yang langsung diolah oleh Bundo Kanduang Kelurahan Nan Balimo. (gra)Walikota Solok Hadiri Pertemuan Panggung Pidato Adat di Nan Balimo

Pos terkait