Walikota Bukittinggi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023 Di Halaman Polresta Bukittinggi

Bukittinggi | Topsumbar – Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023, Polresta Bukittinggi Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2023. Di halaman Polresta Bukittinggi, Senin (17/04/2023).

Apel Gabungan ini dihadiri oleh Walikota Bukittinggi Erman Safar, Kapolresta Bukittinggi Kombes Yessi Kurniati, Dandim 0304 Agam Letkol Renggo Yudi Ariesko, S,E. Kepala Dinas Perhubungan Jony Feri, Ketua Palang Merah Indonesia Bukittinggi, Chairunnas, serta undangan lainnya.

Kapolresta Bukittinggi Kombes Yessi Kurniati menyampaikan,Untuk pengamanan Lebaran tahun 2023 ini 1444 Hijriyah, ada 6 pos pengamanan satu pos terpadu dan dua pos pelayanan dengan 320 orang personil yang kita siapkan dalam rangka pengamanan.

Bacaan Lainnya

Diperkirakan untuk kemacetan di kota Bukittinggi ini H-2 sudah mulai, untuk arus lalu lintas di dalam kota Bukittinggi kita akan melakukan sistem buka tutup kita lihat situasi kepadatan arus nanti ada jalur yang kita buka kemudian ketika jalur sudah padat nanti akan kita tutup pada beberapa ruas jalan yang akan kita lakukan penutupan,”ujar kapolresta

Kapolresta menambahkan untuk pengamanan khusus di jalur One Way kita bekerjasama dengan Dinas Pemerintah provinsi, Dirlantas, Dinas Perhubungan,
Dengan titik ujung dipasar Padang luar kita kerahkan personil untuk menutup-nutup jalan mengantisipasi dan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran pasar Padang Luar sampai ke jambu air.

Ditempat yang sama Walikota Bukittinggi Erman Safar, mengatakan, Lebaran kemarin Bukittinggi dikunjungi 340.000 orang selama musim lebaran namun jika seperti yang dikatakan Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi serta arahan pak Kapolri tadi menyampaikan ada pertumbuhan penduduk sebesar 40 persen berarti 400 sampai 600.000 orang akan berkunjung ke kota Bukittinggi.

Di tahun kemarin juga pergerakan kendaraan yang diam di kota Bukittinggi itu 6000 sampai 10.000 kendaraan pengunjung yang ingin menikmati kota wisata Bukittinggi begitu banyak,”ujar bang Wako

Pemko suda mempersiapkan kantong-kantong parkir resmi seperti biasa mempersiapkan personil dan SDM lalu juga beberapa area fasilitas pendidikan fasilitas kantor yang berada di ruas-ruas strategis tempat kunjungan pariwisata kami buka pagarnya dan halaman parkirnya untuk dijadikan fasilitas para pengunjung,”jelas bang wako

Lalu juga ada tiga jenis kantong parkir yang pertama resmi yang kedua adalah fasilitas pemerintahan yang dijadikan gedung parkir atau halaman parkir lalu yang ketiga ini adalah alat lokasi-lokasi yang dikelola langsung oleh para pemuda,

ini yang perlu nanti kami bersama akan memberikan pengarahan langsung kepada mereka nanti bersama Ibu Kapolres dan bapak Dandim 0304 Agam beserta bapak kajari untuk memanggil mereka dipanggil lalu kita berikan edukasi bagaimana agar tidak ada komplain lagi soal tarif parkir yang berada di luar-luar kantong resmi di pemerintahan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan kota Bukittinggi, Joni Fery juga menyampaikan, bahwa Lebaran ini kita full time dengan full personil sebanyak 85 personil berada di 14titik yang diprediksi itu akan mengalami kemacetan.

Untuk rekayasa tidak ada, kita hanya menggunakan sistem buka tutup saja sentisional jika nanti ada kepadatan lalu lintas baru kita buka tutup.

Untuk jalur yang akan dilakukan buka tutup yaitu di daerah persimpangan depan kantor DPRD itu nantinya akan diarahkan ke panorama.

(JA)

Pos terkait