Sandiaga Uno Motivasi Peserta Whorksop KaTa Kreatif Padang Panjang

Padang Panjang | Topsumbar- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno motivasi ratusan peserta whorksop Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kota Padang Panjang yang dilangsungkan di Auditorium, Mifan Padang Panjang, Sabtu (1/4/2023).

Dalam sambutannya pada whorksop bertajuk inovasi dan kewirausahaan kabupaten/kota kreatif itu, Menparekraf/Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kota Padang Panjang agar dapat terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Kemenparekraf/Baparekraf, sebut Sandiaga juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

“Dengan melalui kegiatan jejaring kabupaten/kota kreatif sehingga dapat mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya untuk memperkuat kolaborasi nasional agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik,” sebutnya.

Ia juga menyebut, dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kota Padang Panjang ini, diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi sekitarnya.

Selain itu, juga meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan terutama bagi Kementerian/Lembaga pusat dan daerah yang dapat direalisasikan dengan rencana aksi dengan tegas dan gerak cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang Panjang,” sebutnya.

Pada bagian lain sambutannya, Sandiaga mengistilahkan pendorong ekonomi kreatif dengan istilah 3 Si, yaitu Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi.

“Pelaku ekonomi kreatif juga harus mampu bertranformasi dengan melihat perubahan dan perbedaan selera konsumen terhadap produk yang dihasilkan,” ujarnya.

Kegiatan workshop KaTa Kreatif Indonesia di Kota Padang Panjang merupakan lokasi kedua setelah Kabupaten Padang Pariaman dari kegiatan workshop KaTa Kreatif yang merupakan salah satu kegiatan aktivasi dari Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia tahun 2023.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif adalah pelaku usaha dari berbagai subsektor ekonomi kreatif yang berada di Kota Padang Panjang.

Turut mendampingi Menparekraf/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldi dan Wali Kota Padang Panjang, Fadly Amran.

Kegiatan workshop juga diisi oleh pemateri yang sangat berkompeten dibidangnya, yaitu Dwita Alfiani Prawesti hadir untuk berbagi pengalaman dan memberi materi pembelajaran terkait pengembangan pemasaran produk kreatif melalui peningkatan inovasi pengemasan produk.

KaTa Kreatif merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf/Baparekraf untuk menggali, mengelola, dan menumbuhkan kreativitas dan potensi lokal kabupaten atau kota di Indonesia.

Workshop KaTa Kreatif pada tahun 2023 ini diadakan di 75 kabupaten/kota di Indonesia  yang menjadi nominator Anugerah Desa Wisata Indomesia (ADWI) 2023.

Sumatra Barat sendiri diwakili tiga kabupaten/kota, yakni Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, dan Kabupaten Sijunjung.

(Alfian YN)

Pos terkait