Genius Umar sambut kedatangan Pulang Basamo ikatan perantau Piaman IKAKO AMAL

Topsumbar – Wali Kota Pariaman, Genius Umar sambut kedatangan Pulang Basamo ikatan perantau Piaman yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Kecamatan IV Koto Aur Malintang (IKAKO AMAL) dari beberapa daerah di indonesia, bertempat di Terminal Jati Kota Pariaman, Senin (24/4/2023).

Pulang Basamo IKAKO AMAL tahun 2023 kali ini, terdiri dari peserta menggunakan mobil berjumlah 130 mobil pribadi ditambah dengan 2 buah Bus Pariwisata, yang berangkat dari Jakarta beberapa hari yang lalu.

“Kami menyambut baik Pulang Basamo yang diprakarsasi oleh IKAKO AMAL ini, salut dan kompak atas kebersamaanya dirantau, padahal berasal dari beberapa daerah di indonesia, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Aceh, Duri, Dumai dan Pekanbaru, semoga silaturahmi ini, antara ranah dan rantau, akan terus terjalin,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Genius berharap kepulangan perantau asal daerah Piaman ini, berdampak positif tidak saja untuk usaha kecil menengah namun juga untuk masyarakat kedua daerah, baik Kota Pariaman maupun Kabupaten Padang Pariaman.

“Pembangunan kampung halaman tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab kita bersama. Kerja sama yang baik antara perantau dan masyarakat yang tinggal di ranah dapat menghasilkan program yang meningkatkan perekonomian daerah,” tukasnya.

Lebih lanjut Genius menuturkan, bahwa saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi kota destinasi wisata unggulan, mulai dari Sumatera Barat, Regional Sumatera dan Indonesia, bahkan merambah ke mancanegara, dan ini terlihat dari setiap tahunya, tingkat kunjungan wisatawan terus meningkat, ucapnya.

“Kepada masyarakat yang berasal dari rantau, untuk dapat membantu kampung halaman dan daerahnya dengan apa yang bapak/ibu bisa, kalau bisa sering-sering pulang kampung, berbelanja dan berwisata, biar uangnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat,” tukasnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga mengajak para perantau, ikut bersama-sama memajukan pembangunan Kota Pariaman, dengan turut mempromosikan destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman, dan turut membantu berbagai program yang telah kita cetuskan, karena peran perantau cukup besar untuk membangun kampung halaman, ulasnya.

“Untuk itu, saya menghimbau dan mengajak para perantau agar selalu berkonstribusi dalam pembangunan kampung halaman. Masih banyak peran yang dapat dilakukan perantau dalam membangunan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, mulai dari membantu program SAGA SAJA (Satu Keluarga Satu Sarjana) atau pembangunan Jalan Nol Budgeter yang telah kita buat sebanyak 22 ruas jalan baru, yang tentunya perlu segera untuk pengerasan dan pengaspalan,” ungkapnya.

Diakhir sambutanya, Genius juga mengucapkan Minal Aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin kepada para perantau yang pulang basamo bagi keluarga IKAKO AMAL, Selamat hari raya idul fitri 1444 H/2023 M, dan selamat berlebaran di kampung halaman, berkumpul bersama keluarga.

Turut hadir dan melepas rombongan IKAKO AMAL dari Terminal Jati Kota Pariaman ke Aur Melintang Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman, Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Azis beserta Jajaran Polres Pariaman, Sekda Kota Pariaman, Yota Balad, Sekda Kabupaten Padang Pariaman, Rudy Repenaldi Rilis, Ketua Umum DPP (Dewa Pimpinan Pusat) IKAKO AMAL, Dr. H. Badayong Sikumbang, SH, MH beserta jajaran DPP dan DPD IKAKO AMAL, beberapa Kepala OPD baik Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, serta ratusan perantau IKAKO AMAL yang berasal dari berbagai daerah di indonesia yang Pulang Basamo, serta dikawal khusus oleh Polisi Lalu Lintas Polres Pariaman. (Zaituni).

Pos terkait