Genius Umar Dorong Ekonomi Lokal Melalui Penyebaran 24 Ribu Benih Ikan Mas di Pariaman

TOPSUMBAR – Pada Sabtu, 7 Oktober 2023, Wali Kota Pariaman, Genius Umar, bersama Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Anilta, melakukan penyebaran 24 ribu benih ikan mas di tiga lokasi berbeda di dua kecamatan di Kota Pariaman.

Tujuan dari penyebaran benih ikan mas ini adalah untuk memberikan bantuan dalam meningkatkan pendapatan dan ekonomi masyarakat lokal.

“Harapan kami,dengan menyebarkan bibit ikan bisa membantu peningkatan perekonomian masyarakat, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan keluarga mereka,” ungkap Genius.

Bacaan Lainnya

Genius Umar menjelaskan bahwa ikan mas ini dapat diambil oleh masyarakat setempat untuk dijual, atau untuk dikonsumsi bersama keluarga saat masa panen tiba dalam waktu empat hingga lima bulan mendatang.

“Jadi, ikan mas ini dapat dipanen apabila mereka dirawat dengan baik dan diberi makan setiap hari oleh masyarakat. Hasilnya dapat dinikmati bersama-sama,” jelas Genius.

Genius melanjutkan, “Saya menekankan, jaga ekosistem sungai ini dengan baik agar ikan dapat berkembang biak dengan optimal. Selain itu, kita perlu mengisi kembali sungai ini dengan benih ikan baru agar populasi ikan tetap ada selamanya,” ujarnya.

Anilta menyebutkan tiga lokasi penyebaran benih ikan mas. Pertama, di batang air Kelurahan Ujuang Batuang, Kecamatan Pariaman Tengah, dengan jumlah benih yang disebar sebanyak 10 ribu, dilengkapi dengan sembilan karung pakan ikan.

Lokasi penyebaran kedua terletak di aliran sungai Desa Cimparuah, Kecamatan Pariaman Tengah, dengan jumlah benih ikan yang disebar sebanyak 7 ribu, disertai dengan enam karung pakan ikan.

Sementara untuk lokasi ketiga penyebaran bibit ikan mas berada di aliran sungai Desa Pakasai, Kecamatan Pariaman Timur, dengan jumlah benih ikan yang disebar sebanyak 7 ribu, dan juga didukung oleh enam karung pakan ikan.

(Zaituni)

Pos terkait