Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Mentawai,  BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Sumatera Barat | Topsumbar- Gempabumi mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Minggu (23/04/2023) jelang waktu subuh.

Dari info gempa dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak berapa lama setelah gempa terjadi menerangkan gempabumi terjadi pada Minggu (23/4/2023), pukul 04:17:48 WIB dengan parameter sementara gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1.

“Pusat gempa bumi ini berada di 177 km BaratLaut, Kepulauan Mentawai, Sumbar, lokasi: 0.94 Lintang Selatan dan 98.38 Bujur Timur pada kedalaman hiposenter 19 kilometer,” bunyi info BMKG yang di share BMKG Stasiun Geofisika Klas I Padang Panjang.

Bacaan Lainnya

“Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ssnbung info BMKG.

Hingga berita ini ditayangkan Topsumbar.co.id, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Namun, dari informasi dihimpun, goncangan gempa yang berlangsung sepersekian detik itu turut dirasakan warga di Kota Padang Panjang.

“Goncangan gempa cukup kuat juga,” ujar Ari, seorang warga yang sedang minum kopi di sebuah kedai di lepau panjang, Kelurahan Pasar Usang Kota Padang Panjang.

BMKG Koreksi Kekuatan Gempa

Pukul 04:50 WIB Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengoreksi kekuatan gempabumi (Sakemap Corrected), semula magnitudo 6,1 terkoreksi jadi magnitudo 5,9.

Begitu juga kedalaman hiposenter, semula 19 kilometer terkoneksi jadi 23  kilometer.

(Alfian YN)

Pos terkait